Bahaya Tidur Seharian Saat Akhir Pekan

Ilustrasi tidur.
Sumber :
  • pixabay/unsplash

VIVA.co.id – Apakah Anda sering menghabiskan waktu di akhir pekan dengan tidur? Hati-hati, riset terbaru mengungkapkan bahwa hal itu bisa menimbulkan social jet leg, yang dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Kenali 4 Gejala Insomnia, Penyebab dan Cara Pencegahannya

Temuan ini menunjukkan bahwa setiap jam social jet leg yang terjadi saat seseorang tidur dan bangun beberapa lama kemudian pada akhir pekan, dikaitkan dengan peningkatan 11 persen pada kemungkinan penyakit jantung.

Lonjakan social jet leg juga menyebabkan kesehatan lebih menjadi buruk, merusak suasana hati, serta kantuk dan kelelahan yang meningkat.

5 Waktu yang Dilarang untuk Tidur dalam Islam, Bisa Berdampak Buruk

"Hasil ini menunjukkan bahwa keteraturan tidur, melebihi durasi tidur,  memainkan peran penting dalam kesehatan kita," kata pemimpin penulis Sierra B. Forbush, asisten peneliti dari University of Arizona di Amerika Serikat

Hal ini, kata Forbush menunjukkan bahwa jadwal tidur yang teratur merupakan pengobatan pencegahan penyakit jantung yang efektif, relatif sederhana, dan murah serta banyak masalah kesehatan lainnya.

Anak Kurang Tidur Sebabkan Masalah Kesehatan Mental

Menurut rekomendasi American Academy of Sleep Medicine, orang dewasa harus tidur tujuh atau lebih jam per malam secara teratur untuk meningkatkan kesehatan optimal.

Untuk penelitian yang dipublikasikan baru-baru ini di Sleep Journal, tim tersebut menganalisis tanggapan survei dari 984 orang dewasa berusia antara 22 dan 60 tahun.

Ilustrasi Tidur

Studi: Orang Dengan Kualitas Tidur yang Baik, Hidup Lebih Bahagia

Para responden menyebutkan bahwa kurangnya kualitas tidur (45%) sebagai alasan utama mengapa mereka tidak merasa "hidup" di dalam hidup mereka.

img_title
VIVA.co.id
23 Desember 2022