Studi: Telepon Sambil Berkendara Picu Perubahan Fokus Otak

Ilustrasi menelepon saat mengemudi.
Sumber :
  • Pixabay/Luxstorm

VIVA.co.id – Berkendara sambil menelepon sudah menjadi hal yang wajar dan sering dilakukan banyak orang. Padahal bukan hanya berbahaya bagi keselamatan, namun menelepon sambil berkendara membawa pengaruh cukup besar terhadap fokus dan pengalihan saat sedang berkendara.

Viral Anggota Brimob Nyatakan Cinta ke Wanita Lewat Telepon, Endingnya Bikin Terharu

Dilansir dari laman Medical Daily, penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psychonomic Bulletin and Review, para partisipan diberikan pertanyaan dengan jawaban benar atau salah, saat sedang mengendarai mobil. Peneliti menemukan, para partisipan tersebut kesulitan untuk menjawab pertanyaan termudah. Hal itu diperhatikan dari perubahan gerakan mata.

"Studi ini menemukan alasan, di mana berbicara di telepon saat berkendara, membuat perhatian menjadi melambat dan perubahan fokus itu terjadi begitu cepat," ujar peneliti, Shaun Vecera.

Jokowi Telepon Sri Mulyani Hampir Setiap Hari Gegara Ini

Kamera yang digunakan untuk melihat perubahan gerakan mata tersebut, menggunakan jenis high-speed. Kamera ini mampu mengambil perubahan gerakan mata setiap 100 mili perdetik.

Setiap pertanyaan yang diajukan, dari hasil yang diambil oleh kamera, berdampak secara negatif pada gerakan mata para partisipan. Gerakan mata yang akhirnya mengubah pandangan fokus ke arah depan, menjadi berubah dan mencari objek lain.

Jadi Nomor Darurat Pinjol Teman, Amanda Manopo Sering Ditelepon Debt Collector

"Pendengar aktif, biasanya mengalami keterlambatan dalam fokusnya, yang terjadi sebelum memperhatikan sesuatu yang baru seperti objek atau acara," kata dia.

Amy WNA

Amy Bongkar Isi Pesan Mesra Tisya Erni dan Suami, Sempat Kirim Video Ini

Nama pedangdut seksi Tisya Erni belakangan ini menjadi perbincangan hangat di media sosial gegara dituduh sebagai pelakor seorang WNA Korea bernama Amy.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2024