Awas, Jemur Baju di Dalam Rumah Picu Infeksi Paru

Ilustrasi sistem pernapasan dan paru-paru.
Sumber :
  • Pixabay/OpenClipart-Vectors

VIVA.co.id – Tinggal di kota besar yang padat membuat banyak tempat tinggal memiliki lahan yang terbatas. Akibatnya lahan untuk menjemur pakaian pun harus menggunakan tempat yang seadanya.

Indonesia Peringkat Kedua, Negara dengan Kasus Terbanyak TB di Dunia

Seringkali pula ruang di dalam rumah menjadi tempat untuk menggantung jemuran. Tapi, ternyata mengeringkan jemuran di dalam rumah bisa berisiko untuk kesehatan Anda.

Dilansir dari laman The Independent, Asthma Society di Irlandia memberikan peringatan bahwa lingkungan yang lembap bisa memicu pertumbuhan jamur yang dapat menyebarkan 'benih' yang disebut dengan spora.

Lagi, SYL Minta Pindah Karena Oksigen di Rutan KPK Kurang: Paru-paru Saya Setengah

"Spora ini bisa menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang. Jamur dan spora jamur seringkali tidak dapat terlihat dengan mata telanjang," kata Pheena Kenny, perwakilan dari Asthma Society.

Biasanya, lanjut Kenny, ketika seseorang menghirup spora ini, sistem imun mereka membantu melenyapkan dengan cara batuk atau bersin. Tapi, jika Anda tidak terlalu sensitif terhadap jamur, Anda mungkin tidak pernah mengalami suatu reaksi.

Ada Kabar Baik untuk Pasien Kanker Paru-paru

"Tapi, bagi sebagian orang yang memiliki asma yang sensitif terhadap spora jamur, ini bisa menjadi pemicu, menyebabkan gejala asma semakin parah," imbuhnya.

Kenny juga menjelaskan kalau spora Aspergillus fumigatus bisa menyebabkan infeksi paru-paru.

Bukan hanya pada penderita asma yang berisiko, tapi juga pada orang tua, bayi dan anak-anak, penderita eksim dan mereka yang memiliki sistem imun yang lemah.

Kenny menyarankan agar menjemur pakaian di luar ruangan atau di satu ruangan yang berventilasi baik yang jauh dari kamar tidur atau ruang keluarga.

"Jamur dan lumut dapat tumbuh di tempat yang lembab dan basah seperti kamar mandi, dapur, dan ruang bawah tanah," kata Kenny.

Tips lain yang bisa dilakukan untuk menghindari risiko penyakit ini antara lain adalah mencuci jamur dari permukaan padat menggunakan campuran air, cuka, dan sabun, tidak menyimpan pakaian dalam lemari yang lembap atau menumpuknya hingga padat di dalam lemari, serta buka jendela sesering mungkin agar perputaran udara dalam rumah lebih baik, terutama setelah mandi, bersih-bersih, memasak dan menggunakan mesin cuci piring.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya