Pria Juga Bisa Kena Kanker Payudara, Ini Pemicunya

Ilustrasi pria.
Sumber :
  • pixabay/pexels

VIVA.co.id – Kasus kanker payudara tercatat mengalami peningkatan. Meski banyak terjadi pada kaum wanita, tidak menutup kemungkinan kanker payudara menjangkiti kaum pria.

Terhalang Tabu Soal Seks, Kasus Kanker Payudara Meningkat

Pria dan wanita memiliki kesamaan anatomi tubuh, tak terkecuali pada bagian payudara. Perbedaannya hanya terletak pada hormon, di mana payudara wanita dapat berkembang karena dipicu hormon tersebut.

"Pria juga punya payudara, tapi tidak memiliki gen aktif untuk mengembangkannya seperti payudara wanita. Yang perlu dipahami, gen untuk mengembangkannya itu masih ada di tubuh dan sewaktu-waktu bisa aktif, jika ada rangsangan," ujar spesialis penyakit dalam, Dr. dr. Nugroho Prayogo SpPD-KHOM, kepada VIVA.co.id di kawasan Gondangdia beberapa waktu lalu.

Perawatan Terkini Kanker Payudara HER2-Positif Sudah Lebih Canggih

Dituturkan Nugroho, pemicu kanker pada pria, salah satunya disebabkan oleh hormon. Kehadiran hormon tersebut, bisa memicu aktifnya gen untuk berkembang dan akhirnya membentuk benjolan di payudara pria.

"Pemicu kanker itu salah satunya adalah hormon estrogen. Hormon itu bisa aktif akibat beberapa hal seperti konsumsi makanan berlemak secara berlebihan. Hal ini yang akhirnya membuat hormon estrogen terbentuk dan membuat benjolan pada payudara," paparnya.

Jika Tak Mau Kena Kanker Payudara, Lakukan Pencegahan Ini

Dikatakannya, hormon tersebut berkaitan dengan hadirnya kolesterol pada makanan berlemak. Dari tumpukan lemak tersebut, secara tidak langsung akan membentuk enzim yang mengubahnya menjadi hormon estrogen.

"Dari pemicu di luar tubuh, ada makanan lemak tinggi yang memicunya. Lemak dipecah menjadi kolesterol, kemudian, sumber kolesterol itu membuat enzim yang merangsang perubahan kolesterol menjadi estrogen yang akhirnya memicu kanker." (one)

Ilustrasi selingkuh.

Kisah Sedih Istri Idap Kanker, Suami Malah Selingkuh dengan Adik

Dia mengidap kanker payudara stadium 4.

img_title
VIVA.co.id
4 Desember 2019