Obat Mujarab Usir Lemas dan Ngantuk Saat Puasa

Warga Libya Berolahraga di Bulan Ramadan
Sumber :
  • REUTERS/Esam Omran Al-Fetori

VIVA.co.id – Berpuasa sering dijadikan alasan banyak orang untuk mengurangi aktivitas, atau tidak melakukan aktivitas sama sekali. Khususnya, olahraga yang dianggap akan menghabiskan banyak energi dan membuat lemas.

Menata Hati Sambut Bulan Suci

Menurut dr. Rachmad Wishnu Hidayat, SpKO, olahraga saat puasa berfungsi untuk menjaga dan mempertahankan kondisi fisik, serta kebugaran tubuh yang sudah didapat sebelum berpuasa.

"Olahraga bisa menghilangkan rasa lemas dan ngantuk. Kalau siang biasanya lemas dan mengantuk, dengan bergerak, melakukan peregangan, atau stretching, lemas dan ngantuk bisa hilang," kata Wishnu, saat ditemui VIVA.co.id di Jakarta.

Mudik Lebaran 2017, Sebanyak 5,8 Juta Orang Naik Kereta Api

Meski demikian, ada syarat yang harus diikuti ketika berolahraga saat menjalankan puasa. Yang pertama, adalah pilih olahraga yang tidak membuat lelah, atau banyak menguras energi.

Lakukan pula olahraga yang sedikit mengeluarkan keringat, sehingga tidak berisiko dehidrasi. Hal inilah yang berpotensi membatalkan puasa.

Libur Lebaran, Peredaran Uang di Jawa Barat Capai Triliunan

"Yang terpenting kenali kondisi diri, kapan harus berhenti saat puasa supaya tidak batal. Kalau sedang olahraga merasa pusing, hentikan, jangan dilanjutkan," kata Wishnu. (asp)

Ilustrasi lari.

Tips Olahraga saat Puasa Agar Tetap Bugar dan Enggak Batal

Terpenting waktu dan durasi olahraga agar puasa tetap lancar.

img_title
VIVA.co.id
24 Mei 2018