Bahaya Macet Saat Mudik untuk Penderita Jantung

Kendaraan pemudik saat melintas di jalan tol.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Menjelang hari raya Lebaran, sudah banyak persiapan untuk berkumpul dengan keluarga besar. Salah satunya, pulang kampung atau mudik. Namun, mudik yang terlalu lama di jalan, bisa berbahaya bagi penderita jantung.

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Seperti berita mudik tahun lalu, yang memakan korban akibat kemacetan panjang dan berhari-hari, tentu menimbulkan kekhawatiran yang cukup besar. Terlebih, pada penderita jantung, bisa berdampak cukup fatal, jika tidak dipersiapkan dengan maksimal.

"Mudik itu bisa membuat stres, karena terlalu lama duduk di mobil. Masalah utama dari posisi duduk ini, bisa membuat aliran darah balik terganggu dan kaki bengkak. Aliran darah ini bisa menggumpal di suatu tempat dan berbahaya dalam tubuh," ujar spesialis penyakit jantung, dr. Antono Sutandar, SpJP(K)., kepada VIVA.co.id belum lama ini.

Mantan Istri Ungkap Kondisi Kesehatan Donny Kesuma Sebelum Meninggal Dunia

Selain itu, disarankan Antono, agar para penderita jantung bisa menahan emosinya selama di perjalanan. Sebab, emosi yang meninggi, bisa berdampak pada tekanan darahnya yang juga meninggi.

"Jangan sampai, sudah stres di jalan, ditambah dia marah-marah, kemudian camilannya tinggi garam. Sehingga, pastikan stresnya terkontrol selama dalam perjalanan," paparnya.

Keluarga Kenang Sosok Donny Kesuma, Ingin Semua Anaknya Sukses

Antoo juga menyarankan, agar selama di perjalanan, penderita jantung tidak lupa melakukan peregangan. Hal ini berfungsi untuk melancarkan aliran darah selama di perjalanan mudik.

"Coba berhenti tiap dua jam, lakukan peregangan, agar mudik tetap nyaman. Bawa obat-obatan yang penting seperti obat pengencer darah dan obat kolesterol," kata dia. (asp)

Ilustrasi Scaling Gigi

Ini Akibat Jarang Scaling Gigi yang Perlu Anda Ketahui!

Scaling gigi adalah prosedur membersihkan plak dan karang gigi. Plak adalah lapisan warna putih di permukaan gigi ketika bakteri dalam mulut bereaksi dengan sisa makanan.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024