Berdekatan dengan Gadget Sebabkan Gangguan Konsentrasi

Ilustrasi ponsel.
Sumber :
  • Pixbay/helloolly

VIVA.co.id – Tak hanya memiliki dampak negatif mata, ternyata gadget juga memberi dampak buruk pada daya konsentrasi seseorang. Menurut studi terbaru, meski sedang tidak mengenakan gadget, namun berdekatan dengan gadget juga diketahui dapat merusak kemampuan kognitif otak.

Viral Penumpang 'Nebeng' Listrik Buat Catok Rambut hingga Masak Nasi di Kereta, KAI Buka Suara

Dilansir dari laman Medical Daily, para peneliti dari University of Texas, Austin, mengobservasi hampir 800 orang. Responden tersebut diberikan beberapa pertanyaan. Kemudian, peneliti mengkaji seberapa jauh para responden mampu fokus dan konsentrasi terhadap tes di depannya.

Saat memulai tes, para partisipan dibagi dua bagian. Kelompok pertama, para partisipan menyimpan gadget di dekatnya dalam mode diam dan sambil mengerjakan pertanyaan. Kelompok kedua, para partisipan dijauhkan dari gadget-nya saat mengerjakan tes.

Didikan Keras Sang Ayah, Cristiano Ronaldo Jr Dilarang Punya Ponsel Sendiri

"Kami melihat adanya kaitan antara gadget dan para partisipan. Mereka yang memiliki gadget di dekatnya, lebih mudah melihat terus menerus ke arah gadget-nya. Kondisi ini membuat partisipan kekurangan kemampuan kognitifnya," ujar peneliti, Adrian Ward.

Peneliti menemukan, mereka yang jauh dari gadget-nya, memiliki kemampuan fokus yang baik dibanding mereka yang berdekatan dengan gadget. Hal ini disebabkan, pemikiran seseorang yang selalu ingin membuka gadget-nya, meski tidak ada pemberitahuan apapun.

Ganjar Ungkap Strategi Industri Teknologi di Indonesia agar Bisa Berkembang

"Ini bukan soal adanya pemberitahuan di gadget. Meski gadget dalam keadaan diam, orang lebih mudah terganggu dengan kehadiran gadget. Hal ini membuat performanya lebih buruk dibanding mereka yang memiliki jarak dengan gadget-nya," kata dia.

THR Blibli

Jangan Sampai Terlewat Ramadan Sale di Blibli, Promo Spesial Smartphone iPhone, Samsung dan Oppo

PT Global Digital Niaga Tbk. (BELI) atau Blibli turut serta dalam menyemarakkan bulan Ramadan dengan adanya program Tiap Hari Rayain (THR) Ramadan Bersama Blibli.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024