Ini Reaksi Tubuh saat Ciuman Pertama

Ilustrasi pasangan,.
Sumber :
  • Pixabay/scottwebb

VIVA.co.id – Setiap aktivitas yang Anda lakukan secara tidak sadar memberikan dampak tersendiri bagi tubuh. Salah satunya berciuman, bukan ciuman biasa, tapi ciuman pertama.

Richard Kyle dan Cerita Ciuman Pertama dengan Jessica Iskandar

Memang tidak semua pengalaman ciuman pertama sangat menyenangkan, namun faktanya, ada sesuatu yang terjadi pada tubuh setelah aktivitas ciuman pertama.

"Berciuman adalah sebuah insting yang betujuan untuk melepaskan senyawa kimia agar mendapatkan perasaan yang menyenangkan," ujar Takeesha Roland-Jenkins, konsultan dari Between Us Clinic pada laman Bustle.

7 Gaya Ciuman dan Maknanya, Kamu Sudah Coba yang Mana?

Selain perasaan yang menenangkan, ada beberapa hal yang terjadi pada tubuh saat ciuman pertama. Berikut di antaranya dilansir laman Mirror.

Meredakan stres

Kenapa Banyak Orang Menutup Mata saat Ciuman? Ini Alasannya

Sebuah studi yang dikutip oleh laman NBC News menemukan bahwa mahasiswa yang berpartisipasi dalam sesi ciuman 15 menit dalam penelitian tersebut mengalami penurunan hormon kostisol, hormon penyebab stres.

Bagi partisipan laki-laki, mereka akan mengalami peningkatan oksitoksin yang memberikan perasaan nyaman pada diri mereka. Namun, hal sebaliknya terjadi pada perempuan.

Memerangi kolesterol

Berciuman ternyata juga baik untuk darah. Para peneliti dari Western Journal of Communication menemukan bahwa ciuman romantis dapat menurunkan serum kolesterol dan meningkatkan kepuasan hubungan antar pasangan.

Adrenalin terpacu

Saat ciuman pertama, senyawa 'fight or flight' menjadi aktif. Hal ini akan membuat adrenalis tubuh meningkat, begitupula dengan detak jantung, energi dan aliran darah menjadi lebih lancar.

Perasan senang

TIdak hanya adrenalin dan oksitoksin, ciuman pertama juga memicu produksi senyawa kimia tubuh yang dapat memberikan rasa senang pada diri Anda.

Justin Lehmiller, seorang profesor Harvard pada laman The Expondent mengatakan bahwa saat berciuman otak akan dipenuhi oleh dopamin. Senyawa ini biasanya juga dihasilkan saat kita melakukan sesuatu yang kita senangi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya