Atasi Malnutrisi, Ilmuwan Ciptakan Pisang Hybrid Kaya Gizi

Mengonsumsi pisang dianggap dapat membantu tidur lebih nyenyak
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Kematian akibat kekurangan vitamin A terjadi pada 750.000 anak di negara berkembang setiap tahun. Kekurangan ini juga menjadi penyebab kebutaan dan meningkatnya kasus infeksi dan penyakit parah lain.

Cerita Raisa Suka Pisang: Bisa Naikin Mood Kalau Lagi Lemas
Untuk mengatasi masalah ini, para ilmuan dari Australia mengembangkan sebuah inovasi baru pada makanan. Mereka menciptakan tipe pisang terbaru yang kaya vitamin A.

Dilansir laman Metro, para peneliti dari Queensland University of Technology tengah mengembangkan pisang biofortifikasi selama 10 tahun. Biofortifikasi sendiri memang dikenal sebagai salah satu solusi untuk mencegah kekurangan gizi.

Pisang tersebut dikembangkan dengan memanfaatkan gen dari pisang kaya provitamin A yang berasal dari daratan Papua Nugini.

Karena jumlah pisang yang terbatas para ilmuan ini membuat versi hybrid dari pisang ini, yaitu menggabungkan pisang Papua ini dengan pisang Cavendish biasa. Hasil perkawinan ini membuat pisang hybrid ini memiliki warna yang tak biasa, oranye.
 
"Hasilnya, kadar vitamin dalam pisang melebihi target empat kali lipat," ujar Professor James Dale pada ABC Australia.
 
Rencananya, pisang ini akan dikirim ke Uganda dalam waktu enam tahun, setelah pisang-pisang ini melewati proses percobaan.
15 Manfaat Konsumsi Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh
Pisang.

Jangan Salah, Jenis Pisang Ini Mampu Obati Asam Urat dengan Tuntas

Apa ada jenis pisang yang baik untuk asam urat dan mampu menyembuhkan serta tidak akan kambuh kembali?

img_title
VIVA.co.id
10 Oktober 2021