Kenali Manfaat Kondom yang Jarang Diketahui

Ilustrasi kondom/alat kontrasepsi.
Sumber :
  • Pixabay/Anqa

VIVA.co.id – Pemerintah sudah menggalakkan program Keluarga Berencana, demi kesejahteraan masyarakat Indonesia. Ternyata, kondom menjadi salah satu alat yang terbukti ampuh dan efisien dalam meningkatkan keberhasilan program tersebut.

Terpopuler: Kisah Mualaf Putra Altar, Zaidul Akbar Sebut Tak Perlu Sarapan di Pagi Hari

Dikutip dari rilis DKT Indonesia, berdasarkan laporan terakhir Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tahun 2017, jumlah populasi masyarakat dunia akan mencapai 9,8 miliar pada tahun 2050. Sedangkan Indonesia diperkirakan akan menjadi negara terbesar ke sembilan penyumbang pertumbuhan populasi tersebut.

Saat ini, penguatan kontrasepsi sedang menjadi salah satu perhatian pemerintah untuk mengatasi isu populasi. Salah satunya melalui program Kondom Dual Proteksi.

Pakai Kondom Dobel Malah Berisiko Bisa Berujung di IGD, Kenapa?

"Sebagai salah satu alat kontrasepsi yang terjangkau dan efektif untuk mencegah kehamilan, kondom dapat menjadi salah satu pilihan favorit bagi pasangan dalam berkontrasepsi. Bahkan jika Anda telah menggunakan alat kontrasepsi lainnya, kondom masih penting untuk digunakan guna menjaga diri dari Infeksi Menular Seksual maupun HIV (Human Papillomavirus)," ujar Deputy GM Consumer Healthcare Unit PT. DKT International, Pierre Frederick.

Pierre mengungkapkan, alat proteksi berupa kondom, dapat mencegah penyakit menular seksual, yang hingga kini angkanya semakin meningkat.

Kondom Juga Bisa Bikin Istri Melayang di Atas Ranjang, Begini Cara Stimulasinya

"Lebih dari 80 persen orang yang terinfeksi HIV dan IMS disebabkan oleh aktivitas seksual yang berisiko," ucapnya.

Masyarakat yang masih menganggap tabu akan pendidikan seksual, serta stigma terhadap orang yang membeli kondom, hingga keengganan para lelaki memakai kondom merupakan beberapa kendala penyebab kurang berhasilnya program Kondom Dual Proteksi. Padahal, kondom memiliki manfaat yang begitu besar.

"Kondom sebagai alat kontrasepsi 99 persen efektif mencegah kehamilan bila digunakan dengan benar. Aman, praktis dan sangat terjangkau. Tidak memiliki risiko hormonal, juga tidak mengganggu kesehatan," katanya menjelaskan.

"Dapat mengurangi risiko infeksi HPV, memberikan dorongan kepada lelaki untuk ikut ber-KB, dapat meningkatkan keharmonisan rumah tangga, karena saat ini kondom yang beredar di pasaran memiliki berbagai fitur dan fungsi yang inovatif untuk meningkatkan keintiman,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya