Ternyata, Menyikat Gigi Setelah Makan Berbahaya

Sikat gigi yang tak boleh ditaruh di tempat lembab dalam kamar mandi.
Sumber :
  • rumahku.com

VIVA.co.id – Usai konsumsi makanan, kebanyakan masyarakat, memilih untuk langsung menyikat giginya agar terasa bersih dan segar. Padahal, sikat gigi langsung usai makan berisiko membuat gigi sensitif dan terasa ngilu.

dr. Zaidul Akbar: Bangun Tidur Jangan Sikat Gigi, Lakukan Ini Dulu

Banyak yang memilih untuk menyikat gigi setelah makan, agar napasnya terasa segar. Tapi, menyikat gigi langsung sehabis makan, memberi dampak buruk pada kesehatan gigi.

"Jangan langsung sikat gigi sehabis makan. Saat habis makan, banyak tumpukan asam dan kandungan makanan lainnya di gigi, yang kalau langsung disikat, memicu penipisan enamel gigi," ujar drg. Hardini Dyah Astuti, Sp.Perio, Dokter gigi di Divine Dental Clinic, kepada VIVA.co.id.

Sikat Gigi dan Berkumur Saat Puasa Ramadhan, Begini Hukumnya

Sifat asam pada makanan, malah memicu pengikisan pada lapisan-lapisan gigi. Sehingga, tidak jarang, gigi terasa sakit dan ngilu, di beberapa hari kemudian.

"Sebaiknya tunggu 30 menit usai makan, baru sikat gigi. Karena, paduan asam makanan dan pasta gigi, malah memicu lapisan gigi terkikis," ujarnya menjelaskan.

Hati-hati, Malas Sikat Gigi Bikin COVID-19 Mudah Berkembang Biak

Menurutnya, waktu paling tepat untuk menyikat gigi yaitu usai sarapan, namun tunggu hingga 30 menit setelahnya. Selain itu, ia menyarankan agar menyikat gigi sebelum tidur di malam hari.

"Sikat gigi cukup dua kali saja, tidak perlu sering-sering. Waktu paling baik yaitu sikat gigi 30 menit usai sarapan dan 30 menit usai makan malam atau menjelang tidur di malam hari.” (mus)

Sikat gigi pakai pasta gigi

Bangun Tidur Jangan Langsung Sikat Gigi, sampai Gejala COVID-19

Round-up dari kanal Lifestyle pada Rabu, 7 Juli 2021. Salah satunya artikel mengenai larangan langsung sikat gigi setelah bangun.

img_title
VIVA.co.id
8 Juli 2021