23 Penyakit Infeksi Masih Berisiko Mewabah di Indonesia

Peringatan Hari AIDS Sedunia di Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

VIVA.co.id – Mulai membaiknya angka kesehatan di Indonesia, tidak menutup kehadiran infeksi yang bisa menyerang masyarakat. Terlebih, Menkes RI, Nila Moeloek, menyebutkan ada 23 infeksi yang masih rentan mewabah di Indonesia.

Awas! Wabah DBD Saat Omicron Meningkat, Segera Lakukan 6 Hal Ini

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat bahwa beberapa penyakit infeksi masih menjadi perhatian dunia. Ragam penyakit infeksi tersebut, terbilang cukup memakan banyak biaya, karena menyebabkan dampak yang cukup fatal.

"Tahun 2013, SARS menghabiskan 30 miliar dolar hanya dalam empat bulan. Tahun 2001, Antraks memakan biaya 1 miliar dolar. Tahun 2009, H1N1 Influenza menjadi pandemik dengan membunuh 284 ribu. Serta AIDS yang masih terus menyebar secara diam dan mematikan," ujar Menkes, Nila Moeloek, dalam the 6th Eijkman Conference, di kawasan Cikini, Jakarta, Kamis 3 Agustus 2017.

Rumah Sakit di AS Tangani Total 150 Ribu Pasien Omicron Tiap Hari

Di Indonesia, penyakit menular juga masih memakan jumlah yang cukup besar. Kondisi ini disebabkan, dengan adanya beberapa kemungkinan.

"Adanya pengaruh adat istiadat, keamanan, sisi ekonomi, sains dan teknologi, berpotensi terhadap dampak kesehatan masyarakat, yakni 23 penyakit infeksi yang dapat memicu wabah," lanjut Nila.

INFOGRAFIK: Apa Saja Kondisi Suspek untuk COVID-19

Dilanjutkan Menkes, terdapat 23 penyakit infeksi yang berisiko menjadi wabah, berdasarkan dari data Permenkes no.1501/MENKES/PER/X/2010. Di mana, dari 23 daftar tersebut, sudah mulai diberikan pencegahan melalui vaksin.

"Kolera, plague, dbd, campak, polio, difteri, pertusis, rabies, malaria, flu burung (H5N1), antraks, leptospirosis, hepatitis, influenza H1N1, meningitis, demam kuning, dan chikungunya," paparnya. (one)

Ilustrasi letusan Gunung Toba di Sumatera Utara.

6 Bencana yang Hampir Membuat Bumi 'Kiamat', Ada yang dari Indonesia

Ada beberapa bencana yang hampir memusnahkan kehidupan di bumi yang jarang diketahui. Kiamat sendiri adalah kejadian yang pasti akan menimpa Bumi kapan saja.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022