Gelas Tembaga Bisa Menimbulkan Keracunan

Gelas Tembaga
Sumber :

VIVA.co.id – Gelas tembaga kerap menjadi salah satu wadah untuk menyajikan cocktail. Ternyata, tidak hanya membuat orang mabuk, cocktail yang dituang dalam gelas tembaga dapat menyebabkan keracunan.

Hati-hati, Obesitas Bisa Bikin Otak Pikun

Hal ini diungkapkan oleh petugas kesehatan Iowa, Amerika Serikat dilansir laman CBS News, Rabu 9 Agustus 2017.

Temuan ini didapat, setelah Alcoholic Beverages Division Iowa memeriksa sifat racun yang didapat, saat tembaga dicampur dengan makanan. Menurut Moral Food Code dari Food and Drug Administration Amerika, tembaga memang tidak boleh bersentuhan langsung dengan makanan yang memiliki pH, atau keasaman di bawah 6,0.
Pramugari Ternyata Lebih Rentan Kena Kanker, Apa Sebabnya?
 
Cairan dengan kadar pH di bawah 6,0, di antaranya cuka, jus buah, dan wine. Cocktail seperti Moscow Mule, yang biasa disajikan di gelas tembaga dengan campuran jus lemon, termasuk yang berpotensi mengandung racun. Peringatan ini muncul, setelah cocktail ini menjadi hits di media sosial.
Terbiasa Makan Siang di Kantor, Perlu Perhatikan Hal Ini
 
"Ketika tembaga bertemu dengan makanan bersifat asam, kandungan tembaga tercampur ke dalam makanan," tulis Alcoholic Beverages Divison melalui pernyataan resminya.
 
Keracunan akibat tembaga ini dapat memicu diare, sakit perut, muntah, dan sakit kuning. Terungkap, gelas tembaga aman digunakan untuk minum, jika pada bagian dalam gelas dilapisi oleh bahan metal lain seperti nikel, atau besi anti karat. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya