Wanita Aktif Secara Seksual Berpotensi Kena Kanker Serviks

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Hingga saat ini, kanker serviks masih menjadi salah satu ancaman serius bagi para perempuan. Data dari Riskesdas Kemeneterian Kesehatan tahun 2013, menyebutkan bahwa sedikitnya ada 98.892 penderita kanker serviks di Indonesia.

Hati-hati, 7 Dosa Bikin Pasangan Ogah Bercinta

“Sekitar 70 sampai 75 persen, mereka yang aktif secara seksual berpotensi  tinggi meningkatkan kanker serviks,” dr. Dyana Safitri Velies, Sp.OG, M.Kes, Spesialis Obgyn Siloam Hospital Lippo Karawaci, dalam rilis yang diterima VIVA.co.id, Senin 14, Agustus 2017. 

Kanker serviks yang disebabkan oleh Human papilloma virus  (HPV) ini palong rentan terserang pada mereka yang aktif secara seksual. dr. Dyan menambahkan,  pengetahuan dan edukasi tentang bahaya kanker serviks dan juga paradigma keliru yang menyebut bahwa kanker serviks hanya terjadi pada wanita usia lanjut, sehingga mereka yang datang kerap dalam stadium lanjut. 

3 Cara Bikin Pasangan Happy di atas Ranjang dan Gak Bosen Sama Kamu

"Karena tidak melakukan deteksi dini, cukup banyak pasien yang datang dalam keadaan stadium lanjut," kata dia.

Perlu diketahui  untuk kanker serviks terjadi pada wanita dengan segala usia. Untuk itu pemeriksaan pap smear perlu dilakukan sejak awal.  Guna pencegahan dan penanganan Dyana Safitri kembali mengingatkan bahwa ada beberapa cara yang dapat dilakukan.

Puasa Selesai, Saatnya Panaskan Ranjang dengan Gaya Baru Ini!

"Ada Iva, pap smear dan terbaru ini ada HPV DNA. Deteksi dini ini juga bisa dilakukan mulai dari puskesmas, jadi masih sangat terjangkau untuk tetap sehat," imbuh Dyana Safitri Velies.

Ilustrasi pasangan bercinta.

Ini 6 Cara Buat Suami Bertahan di Atas Ranjang

Hasilnya, rata-rata waktu mereka bisa bertahan di atas ranjang hanya berkisar 5,4 menit. Dan banyak pria yang tidak bisa bertahan selama 5,4 menit.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024