Benarkah Konsumsi Sayuran Bisa Picu Batu Ginjal?

Ilustrasi bayam.
Sumber :
  • Pixabay/kkolosov

VIVA.co.id – Batu ginjal bisa dipicu oleh banyak hal, salah satunya karena tingginya kadar asam urat. Ternyata, beberapa sayuran, dapat memicu asam urat tinggi dan akhirnya berdampak pada batu ginjal.

Rekomendasi Makanan yang Bisa Menjaga Kulit Lebih Sehat dan Bersih, Apa Saja?

Sayur mayur dibutuhkan oleh tubuh sebagai kebutuhan serat. Namun, ada beberapa sayuran tertentu yang ternyata bisa memicu tingginya kadar asam urat.

"Seratnya enggak papa, tapi beberapa sayuran mengandung oksalat, seperti bayam. Di mana sayur itu dapat memicu tingginya kadar asam urat dan akhirnya berdampak pada batu ginjal," ujar Spesialis penyakit dalam, dr. Hardianto Setiawan Ong, SpPD-KGEH, kepada VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Selain bayam, sayuran yang mengandung vitamin C juga berisiko picu batu ginjal. Hal itu bisa terjadi, saat tubuh terlalu banyak mendapat asupan sayuran tersebut.

"Kalau sayur mengandung oksalat terlalu banyak, serta vitamin C dosis tinggi, bisa sebabkan pembentukan batu ginjal," paparnya.

6 Menu Buka Puasa Sehat Ini Bikin Energi Penuh, Cegah Diabetes & Hipertensi!

Untuk itu, disarankan agar konsumsi jenis sayuran tersebut bisa diminimalisasi. Selain itu, tubuh juga bisa mendapatkan keseimbangan asupan sayuran yang menetralisir asam urat untuk mencegah pembentukan batu ginjal.

"Ada serat dari tumbuhan yang dapat mengurangi dan mengeluarkan asam urat melalui air seni atau urine yaitu brokoli dan buncis," jelasnya.

Ilustrasi sayuran/belanja di supermarket.

Habis Lebaran Kolesterol Meningkat? Pangkas dengan 6 Sayuran Ini

Sayuran yang mengandung vitamin B12 disebut-sebut ampuh untuk mengelola kolesterol tinggi. Karena kaya vitamin B12, sayuran-sayuran ini sangat baik turunkan kolesterol.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024