Jangan Sepelekan Sariawan, Bisa Jadi Tanda Anemia

Ilustrasi bau mulut
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA.co.id – Sariawan merupakan luka yang muncul pada mukosa rongga mulut. Meski penyebab pastinya belum diketahui, namun ada beberapa faktor yang memicu munculnya sariawan.

Ada Lagi Gejala Aneh COVID-19 Termasuk Omicron, Kini Muncul di Lidah

Dokter gigi spesialis penyakit mulut Dr. drg. Febrina Rahmayanti, SpPM mengatakan, kurang konsumsi buah bisa menjadi salah satu pemicu sariawan. Dalam sayur dan buah ada serat, kandungan zat besi dan mineral yang juga bermanfaat untuk menjaga integritas epitel agar tidak rentan sariawan.

"Memang kurangnya komponen karbohidrat, protein, dan lemak yang tidak cukup, tidak bisa memenuhi kebutuhan tubuh untuk tetap sehat," kata Febrina kepada VIVA.co.id belum lama ini.

Manfaat dan Kebutuhan Zat Besi Bagi Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Misalnya, jika tubuh mengalami masalah pencernaan, buang air besar yang tidak teratur, lanjur Febrina, juga bisa terkait dengan sariawan. Karena, masalah ini bisa bermanifestasi hingga memengaruhi rongga mulut.

Selain itu, sariawan juga bisa menandakan anemia. Anemia menunjukkan adanya kurang darah atau kadar hemoglobin (Hb) yang turun.

Bahaya Anemia Tak Diobati Pada Pasien Gagal Ginjal

"Hb ini penting untuk ketahanan jaringan. Hb ini kan berfungsi untuk membawa oksigen dalam darah," imbuh Febrina.

Pola makan, kelelahan, dan stres juga bisa memicu sariawan. Pada perempuan, masalah hormonal juga bisa memicu sariawan, misalnya ketika memasuki masa menstruasi, beberapa wanita juga bisa mengalami sariawan. (ms)

Bayam.

10 Makanan Sehat yang Tinggi Zat Besi, Bantu Atasi Anemia

Zat besi adalah mineral yang memiliki beberapa fungsi penting, yang utama adalah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh Anda sebagai bagian dari sel darah merah.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2022