Bangun Tidur Sering Merasa Lapar? Ini Alasannya

Ilustrasi bangun tidur.
Sumber :
  • Pexels/Unsplash

VIVA.co.id –  Saat tidur, tubuh dan seluruh sistemnya masih tetap bekerja. Saat kondisi tidur juga, lemak ikut terpangkas yang membuat tubuh merasa lebih lapar.

9 Tips Bangun Pagi untuk Kamu yang Selalu Kesiangan

Tubuh yang beristirahat, tidak lantas membuat seluruh sistemnya ikut berhenti. Malahan, seluruh sistem di tubuh tetap bekerja, salah satunya dengan memangkas lemak.

"Saat tidur, ada namanya basal metabolic rate, atau metabolisme tubuh. Itu yang membuat tubuh terus bekerja meski dalam keadaan tidur. Jadi, waktu tidur, pembakaran kalori tetap terjadi," ujar Ahli gizi, dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK dalam peluncuran belVita Breakfast Pisang dan Sereal, di kawasan SCBD, Jakarta, Selasa 12 September 2017.

Bangun Tidur Merasa Lelah, Cobain Gerakan Ini Yuk

Maka, tidak heran tubuh merasa lapar saat terbangun dari tidur, atau beristirahat sebentar. Terlebih, tidur di malam hari yang cukup lama, melalui pembakaran lemak yang juga cukup besar.

"Makanya tubuh butuh diganti kalorinya dengan sarapan. Apalagi, saat kalori atau lemak terpangkas, otak menjadi sulit fokus dan konsentrasi," kata dia.

dr. Zaidul Akbar: Bangun Tidur Jangan Sikat Gigi, Lakukan Ini Dulu

Sehingga, ia menyarankan asupan sarapan pagi yang tepat untuk bisa segar kembali usai bangun tidur. Salah satunya dengan memiliki karbohidrat kompleks dalam asupan sarapannya.

“Sarapan pagi harus mencakup karbohidrat kompleks seperti gandum, agar otak mendapat sumber energi. Tambah juga dengan protein, seperti daging dan lemak baik seperti alpukat." (asp)

Ilustrasi wanita/sweater.

Bangun Tidur Jangan Ngeluh, Senyum Yuk Agar Mood Happy!

Selalu berpikir positif saat bangun tidur, apresiasi diri sendiri dan tersenyum agar dapat menjalani hari lebih baik. Dengan begitu, mood lebih terjaga.

img_title
VIVA.co.id
12 Februari 2022