Tak Boleh Berlebihan, Ini Anjuran Tepat Durasi Berolahraga

Olahraga lari.
Sumber :
  • Pixabay/skeeze

VIVA.co.id – Berlari biasanya menjadi jenis olahraga yang paling digemari oleh masyarakat. Tetapi, olahraga tersebut memiliki aturan yang harus diikuti dan tidak bisa disepelekan.

Dimas Seto dan Dhini Aminarti Ajak Puluhan Artis Olahraga Lari dan Donasi

Umumnya, segala jenis olahraga harus dilakukan secara proporsional. Saat berolahraga, salah satunya lari, sebaiknya melakukan persiapan medis yang tepat sebelum mulai berlari.

"Amannya, cek nadinya berapa, irama jantungnya normal, atau tidak, tensinya berapa, kadar kolesterol berapa. Kita jangan sampai high impact, takutnya berlebihan tekanan ke jantung," ujar Dokter spesialis jantung, dr. Jetty R. Sedyawan, Sp.JP(K), FIHA, FACC., Dalam acara Philips Semua Orang Bisa Bantu Selamatkan Nyawa, di kawasan Kebon Sirih, Jakarta, Kamis 14 September 2017.

Cara Meninggikan Badan Secara Alami, Masih Bisa? Ini Tipsnya!

Selain itu, Jetty menekankan durasi olahraga lari yang dilakukan tidak boleh berlebihan. Ia menerangkan, angka durasi maksimal hanya 60 menit.

"Maksimal olahraga lari untuk orang awam adalah 60 menit. Lebih dari itu, risiko cedera meningkat," kata dia.

Sukses Digelar, 4 Ribu Pelari Ramaikan Victoria Run 2023

Jetty mengatakan, olahraga lari juga sebaiknya rutin dilakukan dalam satu minggu. Olahraga tersebut juga sebaiknya diiringi dengan pemanasan terlebih dahulu.

"Sebaiknya dilakukan selama empat kali seminggu dan setengah jamnya dilakukan untuk pemanasan dulu," paparnya. (asp)

Grid Cardio Rush

1000 Peserta Bakal Ikuti Grid Cardio Rush, Ada Pemain Dewa United

Olahraga menjadi trend positif yang semakin meningkat dan para pecinta olahraga membutuhkan pengalaman berbeda untuk mempertahankan trend positif tersebut.

img_title
VIVA.co.id
26 Januari 2024