Cerita Awal Asri Welas Tahu Penyakit Katarak Bayinya

Asri Welas dan anak keduanya.
Sumber :
  • instagram.com/asri_welas

VIVA.co.id – Pesinetron, komedian dan penyiar radio Asri Welas sangat terkejut, saat menyadari putra keduanya, Rayyan Gibran Ridha Raharja, atau Ibran menghadapi masalah pada penglihatannya. Putranya menderita katarak di kedua matanya pada usia lima bulan. 

Ancaman Kebutaan Mengintai! 111,8 Juta Penduduk Indonesia Berisiko Glaukoma di Tahun 2040

Asri mengaku bahwa orang yang pertama kali menyadari ada masalah penglihatan pada Ibran adalah anak pertamanya, Rajwa Gilbram Ridha Rahardja ,atau Ibam. Hal ini diketahui, ketika sang kakak tengah bermain bersama adiknya itu. 

"Jadi, waktu itu dia bilang, 'mami adik Ibran hebat, saya tanya hebat kenapa? Coba mami seperti ini (tepuk tangan) di muka papinya, dan langsung kan reflek berkedip," ungkapnya sambil menirukan pernyataan Ibam, saat ditemui di RS Bunda Menteng Jakarta, Jumat 15 September 2017. 

BNI-Kemenkes Berikan Bantuan Peralatan untuk RS Apung doctorSHARE

Setelah itu, anak pertamanya itu mengajak ia dan suami untuk melakukan hal serupa ke Ibran. Dan, ia melihat bahwa anak keduanya itu memang tidak berkedip. 

"Di situ, saya merasa kok tidak ada respons berkedip ya. Padahal, itu kan reflek ya. Dari Ibam itu kita baru fokus pada matanya Ibran," ujarnya. 

Fakta Menarik Comedy Island Indonesia, Serial Kocak dengan Misi Tersembunyi yang Menantang

Ketika melihat hal tersebut, suaminya, Galiech Ridha Rahardja langsung memeriksa mata putranya itu. Saat itu, dirinya melihat adanya titik putih pada matanya. 

"Kita lihat memang ada titik putih gitu. Saya kan orang awam ya, saya browsing. Dari situ, katanya itu salah satu gejala katarak. Makanya, setelah itu saya bawa ke spesialis mata," ungkap Galiech. (asp)

Ilustrasi mata.

Glaukoma Lebih Berbahaya Daripada Katarak

Glaukoma yaitu penyakit mata yang terjadi ketika tekanan dalam bola mata meningkat secara bertahap, menyebabkan kerusakan pada saraf optik. Ini lebih bahaya dari katarak.

img_title
VIVA.co.id
23 Maret 2024