Operasi Kelopak Mata pada Anak, Bolehkah?

Ilustrasi anak kecil.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Tidak hanya orang dewasa, operasi kelopak mata (blepharoplasty) rupanya dapat dilakukan pada anak-anak. Minimal usia menjalani operasi ini adalah dua tahun.

Usai Operasi Kelopak Mata, Pelajar Di-bully Teman Sekelas

Namun, biasanya anak-anak yang menjalani operasi ini mengalami gangguan pada mata. Misalnya kondisi bulu mata yang menghadap ke dalam sehingga dapat membahayakan kornea mata. 

"Dari umur dua tahun bisa operasi bila kondisinya membahayakan mata," ujar dr. Yunia Irawati, SpM (K) belum lama ini. 

Jalan Pintas Menuju Cantik

Namun, dr. Yunia mengatakan, bahwa angka tindakan blepharoplasty pada anak terbilang rendah. Biasanya operasi ini dilakukan oleh orang dewasa di usia 20 tahun ke atas. Hal ini dibenarkan oleh Marketing Communication Jakarta Eye Center (JEC), Mubadiyah saat ditemui belum lama ini. 

"Dari 500 pasien yang sudah melakukan prosedur ini di JEC, sekitar 80 persen pasien adalah orang dewasa dan 20 persen anak-anak," kata dia.

Tips Perawatan Usai Operasi Kelopak Mata

Seperti diketahui, operasi kelopak dan kantung mata tersebut sedang tren belakangan di Indonesia. Tren ini mulanya berkembang di sejumlah negara Asia yang penduduknya bermata sipit, seperti Korea Selatan dan China. Namun pada orang dewasa, operasi blepharoplasty ini dilakukan karena alasan estetika atau kecantikan. (mus)

Lucinta Luna.

Lucinta Luna Operasi Kelopak Mata, Buat Apa dan Gimana Risikonya?

Operasi kelopak mata untuk kecantikan dan risikonya.

img_title
VIVA.co.id
27 Desember 2019