Mengerikan, Obesitas pada Pria Bisa Turunkan Kualitas Sperma

Ilustrasi Sperma
Ilustrasi Sperma
Sumber :
  • Pixabay/ TBIT

VIVA.co.id – Banyak sekali nasihat yang diberikan pada wanita untuk mengubah gaya hidupnya demi memperbesar peluang mengandung anak. Tapi hanya sedikit yang menaruh fokus masalah kesuburan ini pada pria.

Menurut sebuah studi, kesehatan pria bisa memiliki efek luar biasa pada peluang satu pasangan memiliki keturunan, teori yang berbeda dari pemikiran sebelumnya.

Dilansir laman The Independent, para peneliti menemukan bahwa obesitas bisa memengaruhi secara buruk kualitas sperma. Laporan penelitian yang dipublikasikan di jurnal Andologia, merupakan penelitian pertama yang meneliti parameter sperma abnormal pada pria obesitas.
 
Penelitian ini didasarkan pada analisis sperma yang dibantu komputer, dan temuannya menyatakan bahwa ahli klinis harus mempertimbangkan faktor obesitas paternal sebelum memberikan panduan reproduksi.
 
Untuk mendapatkan kesimpulan ini, para peneliti melakukan pengamatan pada 1.285 pria. Mereka menemukan bahwa obesitas terkait dengan volume sperma, jumlah, konsentrasi, dan motilitas yang lebih rendah, begitu juga jumlah sperma cacat yang lebih besar.