Rutin Latihan Zumba Dapat Tingkatkan Kualitas Hidup

Zumba dance
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA.co.id – Sebuah studi terbaru menemukan bahwa mengikuti kelas zumba, tiga kali dalam seminggu, bisa meningkatkan semangat dan kualitas hidup Anda.

Akhir Bulan Ada Pesta Fitness Seru di Kemang, Harga Ekonomis

Akademisi dari University of Granada, Spanyol, melakukan penelitian yang dipublikasikan di Health Education Journal. Mereka mengungkapkan bahwa dampak positif zumba berasal dari tarian rutin ini yang bisa bertahan hingga dua bulan.

Sejumlah 60 pekerja universitas yang jarang melakukan aktivitas fisik diberikan program olahraga zumba.

Ramaikan Zumba Fest 2018, Seribu Orang Padati JCC

Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa duduk sepanjang hari pada pekerjaan yang jarak membutuhkan gerakan fisik, seperti mereka yang terlibat dalam penelitian, bisa merusak baik kesehatan dan kebahagiaan seseorang.

Dilansir laman Daily Mail, para ilmuwan dengan sangat bersemangat untuk mengetahui dampak latihan ini terhadap kualitas hidup seseorang seiring berjalannya waktu.

Sibuk Jadi Trainer Zumba, Liza Natalia Kangen Manggung

Konsep luas ini dibagi ke dalam beberapa kategori yaitu kondisi sosial, emosi, fisik, nyeri tubuh, fungsi tubuh, vitalitas, kesehatan mental, dan kesehatan secara umum.

Para peneliti menemukan bahwa zumba meningkatkan kualitas hidup partisipan secara menyeluruh, terutama aspek emosional.

Bahkan dampak positif ini bisa bertahan hingga dua bulan setelah masa uji coba berakhir, dengan hasil sebagian besar dari dimensi di atas memiliki nilai lebih tinggi dari yang tercatat di awal.

"Menarik untuk dicatat bahwa dimensi emosional, yang menjadi dimensi dengan nilai terendah pada awalnya, merupakan dimensi yang mendapat nilai tertinggi pada akhir program," tulis para peneliti.

Tim peneliti kini tengah melakukan penelitian yang lebih luas lagi yang didasarkan pada program zumba 16 minggu. Para peneliti bekerja sama dengan universitas Ekuador.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya