Asal Usul Pita Merah Muda Bagi Penderita Kanker Payudara

Ilustrasi kanker.
Sumber :
  • Freewallpaper

VIVA.co.id – Banyak dari kita sadar bahwa warna pink merupakan simbol kesadaran kanker payudara internasional. Setiap bulan Oktober, orang-orang di seluruh dunia menyukai warna merah muda untuk mendukung bulan kesadaran kanker payudara. Bisa berupa pita merah muda, pin kerah merah muda atau hanya dengan warna. 

Kisah Sedih Istri Idap Kanker, Suami Malah Selingkuh dengan Adik

Tapi bagaimana awalnya warna merah muda menjadi simbol kesadaran akan kanker payudara? Menurut United Breast Cancer Foundation, penggunaan pita untuk tujuan dimulai pada abad kesembilan belas.

Pada masa itu, wanita sering terlihat mengenakan atau mengikat pita kuning ke pohon untuk mengingat orang yang mereka cintai di militer. 

Terhalang Tabu Soal Seks, Kasus Kanker Payudara Meningkat

Dilansir laman Indianexpress, Selasa 10 Oktober 2017, konsep ini cukup populer di Amerika pada tahun 1979, Penny Laingen, istri seorang tahanan yang ditahan selama krisis sandera Iran, mengikat pita kuning di pohon di luar rumahnya untuk menampilkan dukungan diam untuk suami dan sandera lainnya. 

Satu dekade kemudian, sebuah kelompok seni aktivis Visual AIDS meluncurkan Red Ribbon pada 45 Tony Awards Annual pada tahun 1991. Mereka menggunakan pita merah terang, melingkarkannya dan menempelkannya di dada aktor Jeremy Irons.

Perawatan Terkini Kanker Payudara HER2-Positif Sudah Lebih Canggih

Seorang survivor kanker payudara, Charlotte Hayley, memperkenalkan pita kesadaran kanker payudara berwarna peach. Sebuah kartu yang dilekatkan pada pita itu tertulis, 'Anggaran tahunan National Cancer Institute adalah 1,8 miliar dolar Amerika, dan hanya 5 persen yang menggunakan pencegahan kanker. Bantu kami membangunkan legislator dan Amerika dengan mengenakan pita ini'.

Terinspirasi oleh pita merah, Susan G. Komen Foundation juga membagikan pita merah muda kepada semua korban kanker payudara dan peserta Lomba Komen New York City untuk Cure. 

Kemudian, Alexandra Penney, pemimpin redaksi majalah Self, dan Evelyn Lauder, Wakil Presiden perusahaan Estee Lauder dan seorang survivor kanker payudara sendiri mendirikan Yayasan Penelitian Kanker Payudara dan membentuk pita merah muda sebagai simbolnya.

Bulan Kesadaran Kanker Payudara pertama diadakan pada bulan Oktober 1986, dan pita merah muda menjadi simbol internasional pada tahun 1991. Setelah itu,  setiap organisasi besar terlihat mendukung pita tersebut dan tahun 1992 diumumkan sebagai 'Year of the Ribbon'. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya