Tambah Usia, Penderita Diabetes Berpotensi Tinggi Komplikasi

Tes gula darah penderita diabetes
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Diabetes merupakan penyakit yang diderita oleh sebagian besar masyarakat di seluruh dunia. Sering disepelekan, penyakit diabetes ternyata bisa memicu ragam penyakit berbahaya.

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

"Diabetes ini bisa berujung pada penyakit lain yang fatal, sehingga menjadi sakit parah seperti gangguan jantung, ginjal, bahkan gangguan saraf yang memicu amputasi. Tidak sedikit juga diabetes yang menyebabkan kebutaan dan infeksi mengerikan lainnya," ujar mantan Asisten Sekretaris Kesehatan, Kementerian Kesehatan dan Pelayanan Masyarakat Amerika Serikat, Dr. John Agwunobi kepada VIVA.co.id di Kemayoran, Jakarta.

John melanjutkan, penyakit diabetes cenderung dipicu oleh usia yang semakin menua. Namun, kini faktor pemicu diabetes tidak lagi karena penuaan usia semata.

Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

"Semakin tua usia Anda, makin mudah diabetes mengintai. Namun, Penelitian juga telah menemukan bahwa penyebab diabetes dipicu oleh kombinasi dari banyak hal, bukan hanya dari penuaan usia saja," paparnya.

Faktor pemicu kombinasi tersebut antara lain pola makan tinggi gula, tingginya kadar karbohidrat, dan kurang protein. Tidak hanya itu, kurangnya olahraga memicu penurunan massa otot yang membuat tubuh akhirnya malas bergerak.

Viral Detik-detik Lansia di Makassar Meninggal Dunia Usai Ikuti Lomba Tadarus Al Quran

"Diabetes adalah penyakit tragis yang disebabkan oleh faktor kombinasi seperti makanan tinggi gula dan karbo, serta minim protein. Jarang bergerak aktif juga membuat tubuh akhirnya obesitas dan berdampak pada obesitas," jelasnya. (asp)

Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024