Terapi Sel Punca Sembuhkan Sakit Jantung Hingga Diabetes

Ilustrasi sel punca
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Terapi sel punca sudah sejak lama diteliti dan terbukti memberikan manfaat baik untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Di Indonesia sendiri, terapi sel punca telah dilakukan pada beberapa penyakit dan memberi hasil yang memuaskan.

Prof Deby Vinski Jadikan Indonesia Pusat Wisata Kesehatan, Kemajuan Stem Cell Makin Dilirik

"Sudah 214 pasien yang diberikan terapi sel punca. Penyakitnya sendiri sangat beragam. Penyakit paling awal yaitu penyakit jantung koroner dan memberi hasil yang memuaskan," ujar Ketua Asosiasi Sel Punca Indonesia, Spesialis Orthopedi, Dr. dr. Ismail H.D. spOT(K), kepada VIVA.co.id ditemui di IMERI, Jakarta.

Selain itu, terapi sel punca sudah memberi hasil optimal pada penyakit gagal jantung dan hasil memuaskan pada permasalahan di tulang.

Cara Jusuf Kalla Investasi Kesehatan untuk Cucu

"Sel punca seringnya diberikan pada kasus trauma seperti kecelakaan motor yang cenderung mengalami patah tulang atau kehilangan tulang hingga 10 cm. Terapi ini nantinya memperbaharui sel baru di sekitar area tersebut," jelasnya.

Pada kasus cedera saraf tulang belakang serta luka bakar, terapi sel punca bisa digunakan agar memberi tambahan sel baru sehingga memicu proses penyembuhan. Meski terbilang mahal, terapi sel punca juga terus diburu untuk terapi rejuvination.

VIDEO: Lagi, Klinik Kencantikan 'Suntik Serum' Ilegal Digerebek Polisi

"Terapi sel punca banyak digunakan untuk rejuvination pada kulit. Selain itu, ampuh mengobati kebutaan karena glaukoma serta menyembuhkan diabetes agar tidak perlu lagi melakukan penyuntikan insulin seumur hidup."

Hasil tes HIV.

Ada 3 Orang di Dunia yang Dinyatakan Sembuh dari HIV

Pria berusia 53 tahun, yang dikenal oleh para ilmuwan sebagai Pasien Dusseldorf, adalah orang ketiga yang dinyatakan 'bersih' dari virus penyebab AIDS, yaitu HIV.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2023