Konsumsi Roti Setelah Nasi Ternyata Baik Bagi Kesehatan

Ilustrasi roti.
Sumber :
  • Pixabay/Condesign

VIVA.co.id – Mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat dipercaya memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Karena itu banyak orang yang enggan untuk mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang banyak dalam satu waktu.

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Salah satunya adalah tidak mengonsumsi roti seusai makan nasi. Atau memilih makan roti dan tidak mengonsumsi nasi setelahnya. 

Namun, baru-baru ini, dalam sebuah studi yang dilakukan oleh BMJ Open Diabetes Research & Care menyimpulkan mengonsumsi roti setelah makan itu baik. Dengan melakukan hal itu dapat membantu Anda dalam mengatur kadar gula darah.

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Dilansir dari laman Timesofindia, studi itu telah diterapkan kepada 16 orang dewasa yang memiliki diabetes tipe 2. Mereka diberikan karbohidrat dalam bentuk yang berbeda untuk dikonsumsi. 

Kelompok tersebut mengonsumsi makanan yang mengandung protein, sayuran dan karbohidrat. Namun, karbohidrat disajikan secara terpisah dua kali sebelum dan sesudah makan setelah disajikan dengan protein dan sayuran.

Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

Hasil penelitian ini menemukan bahwa mengonsumsi roti setalah memakan nasi dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali, namun diimbangi dengan asupan serat dan nutisi yang cukup.

Oleh karena itu, bagaimana karbohidrat akan memengaruhi tubuh Anda sepenuhnya bergantung pada kapan dan apa yang Anda pilih untuk dimakan bersamaan dengan karbohidrat.

Meskipun telah berhasil dalam uji coba, namun lebih lanjut masih dibutuhkan studi lebih mendalam mengenai penelitian ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya