Ketahui Cara Cegah Osteoporosis Sejak Dini

Ilustrasi tulang
Sumber :
  • Pixabay/Sbtineet

VIVA – Kekuatan tulang dan tingkat potensi risiko terhadap osteoporosis ternyata disebabkan oleh beberapa faktor. Namun, yang paling berisiko ditentukan oleh gen Anda. 

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Tidak hanya itu, faktor gaya hidup seperti pola makan dan olahraga juga dapat berdampak kepada kesehatan kualitas tulang. Pencegahan osteoporosis yang tepat juga membantu meminimalisasi tulang yang rapuh.

Menurut Prof. Dr. Errol U. Hutagalung, Sp.B, Sp.OT. (K), untuk mencegah penyakit tersebut sebaiknya pelajari penyakit osteoporosis yang diderita. 

Dokter Ungkap Penyebab Tulang Jadi Keropos, Salah Satunya Jarang Aktivitas Fisik

“Untuk pencegahan sebaiknya ketahui secara dini, dan langkah-langkah yang harus diambil. Dengan mengetahuinya, maka masalah osteoporosis dapat dicegah secara dini,” ujar 
Prof. Dr. Errol U. Hutagalung, Sp.B, Sp.OT. (K)  di  kawasan Jakarta Pusat, Minggu, 29 Oktober 2017.

Ia menambahkan usahakan untuk mencapai kepadatan tulang semaksimal mungkin sebelum usia 34 tahun. Kepadatan tulang akan menurun setelah mencapai usia tersebut.

5 Dampak Buruk Terlalu Banyak Minum Kopi, dari Gangguan Lambung hingga Osteoporosis

Selanjutnya, lakukan diet seimbang kaya akan kandungan kalsium, karena kalsium adalah salah satu zat pembentuk tulang. Konsumsilah makanan, seperti brokoli, tempe, tahu dan ikan teri.

Lakukan juga latihan fisik secara teratur, seperti olahraga. Hindari rokok dan minuman beralkohol.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya