Kenali Reaksi Pertama Tubuh saat Stres

Ilustrasi stres.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Semua orang di dunia pasti pernah merasakan kondisi stres. Beberapa kondisi stres yang tidak tertangani, seringkali memberi dampak buruk bagi tiap individu.

5 Dampak Negatif Terlalu Dekat dengan Rekan Kerja, Bisa Kurangi Profesionalisme

Stres yang wajar yaitu guncangan yang dialami hanya dalam waktu sesaat. Kendati demikian, stres yang terjadi seringnya tidak dikenali dan berakibat tidak terkendali pada tubuh.

"Saat ada tekanan hidup, dikatakan stres tapi itu hanya guncangan sesaat aja. Stres yang baik itu dikatakan eustress atau stres yang memberi doping positif pada pengidapnya. Nah, yang berbahaya jika stress kemudian berlanjut secara lama dan berkepanjangan," ujar Psikiater, dr. Nurmiati Amir SpKJ., kepada VIVA.co.id.

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Nurmiati menerangkan, tidak sedikit mereka yang mengalami stres ke arah negatif, malah merasakan penderitaan terlalu mendalam. Kondisi tersebut memicu reaksi tubuh yang umum terjadi saat stres mengintai.

"Reaksi pertama orang stres yaitu berdebar, ketakutan, tensi tinggi, dan wajah pucat. Kalau ini terjadi terus menerus, membuat hormon stres terus diproduksi dan memicu depresi," ujarnya.

Pakar Ungkap Pria Harus 21 Kali Ejakulasi dalam Sebulan, Kenapa?

Dilanjutkannya, stres yang berkepanjangan ini durasi waktunya berbeda-beda pada tiap orang. Sehingga, Nurmiati memaparkan pentingnya peran kekuatan psikis seseorang terhadap kondisi stres.

"Maka dari itu, saat tubuh sudah mulai stres, daya tahan psikologis sebaiknya ditingkatkan, seperti menceritakan ke orang lain atau konsul ke psikiater. Hal ini bisa membantu tubuh melepas stres agar tidak berkepanjangan," jelasnya.

Ilustrasi daun salam.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Di balik kepopulerannya sebagai salah satu rempah-rempah yang sering digunakan dalam masakan, daun salam memiliki rahasia lain yang sering terlewatkan.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024