Awas, Herpes Bisa Menular Lewat Lipstik

Berhias dengan lipstik.
Sumber :
  • Pixabay/Kaboompics

VIVA – Herpes merupakan virus yang dapat menular melalui kontak kulit dengan penderitanya. Namun, berbagi pemakaian makeup, khususnya lipstik, bisa memperbesar risiko penularannya.

Pakai Lipstik Bikin Batal Puasa? Begini Jawaban UAS

Dilansir dari laman Medical Daily, Selasa 7 November 2017, virus herpes ternyata bisa menular melalui lipstik. Mereka yang sebelumnya memiliki virus herpes di mulutnya, tanpa sengaja bisa menularkannya melalui lipstik yang dipakai.

Menurut kepala bagian kontrol penyakit infeksi di Dignity Health, dr. Suman Radhaskrishna, batang lipstik bisa dengan mudah dihinggapi virus herpes bagi pemakainya yang memang sudah positif memiliki penyakìt tersebut. Sehingga, penyebarannya dapat dengan mudah terjadi.

Lipstik Tertua di Dunia Berusia 3.700 Tahun Ditemukan di Iran

"Jadi, satu orang memakainya lalu menaruhnya dan dipakai lagi oleh orang lain, itu bisa menularkan ke banyak orang," ujarnya.

Herpes oral secara teknis dapat menular melalui ludah dan kontak kulit. Di mana, pengidapnya dapat berdampak memiliki luka di area sekitar mulut.

Intip Tren Warna Lipstik 2024, Ini yang Bakal Booming

Organisasi Kesehatan Dunia WHO mencatat, sebanyak 67 persen masyarakat di dunia mengidap virus herpes oral dan usianya di bawah 50 tahun. Pengidap virus herpes oral seringkali tidak menunjukkan tanda dan gejala penyakit tersebut. (ren)

Ivan Gunawan

Trik Simpel Ivan Gunawan, Agar Silaturahmi Lebaran Bisa Tetap Glowing

Menjalani tradisi silaturahmi Lebaran, kita akan berhadapan dengan banyak orang. Maka, tak sedikit yang memikirkan penampilan agar terlihat baik. Pun, bagi Ivan Gunawan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024