Penderita Diabetes Harus Ekstra Hati-hati Rawat Kaki

Ilustrasi kaki.
Sumber :
  • pixabay/Olivera Comunicacao

VIVA – Meski terdengar sederhana dan sering disepelekan, masalah kaki pada penderita diabetes merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan.

5 Buah Manis yang Berbahaya Bagi Penderita Diabetes, Apa Saja?

Menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dr. Lily Sriwahyuni Sulistyowati MM, masalah kaki bisa dikatakan sebagai salah satu penyebab awal komplikasi pada individu dengan diabetes.

"Selama bertahun-tahun, sirkulasi darah di tungkai dan kaki dapat menjadi buruk dan saraf menjadi kurang sensitif. Individu dengan diabetes tidak sadar bisa melukai kaki mereka karena berkurangnya sensasi," ungkap Lily saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta, Selasa, 14 November 2017.

5 Manfaat Puasa untuk Penderita Diabetes, Pengelolaan Gula Darah yang Efektif

Lily menjelaskan, pada penderita diabetes, pasien berisiko untuk mengalami masalah kaki lebih sering pada usia lebih dari 40 tahun. Tak hanya itu, penderita diabetes perokok, juga sangat berisiko mengalami penurunan sensasi dan aliran darah ke kaki, sehingga memicu terjadinya cacat anatomis, menderita ulkus kaki atau bahkan berisiko untuk  amputasi.  

"Untuk mencegah komplikasi kaki, individu dengan diabetes harus memeriksa secara teratur untuk berbagai kondisi yang terjadi di kaki," kata dia.

Rahasia Cantik Alami: Ini Manfaat Luar Biasa Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Kecantikan

Misalnya saja pendarahan dan kapalan, lecet, kuku tumbuh ke dalam, kulit kering dan pecah-pecah, kemerahan, bengkak, kehangatan, nyeri pada kaki, penyembuhan lambat dari luka, dan hilangnya sensasi.

"Dengan perawatan kaki yang tepat, diperkirakan bahwa sebanyak setengah dari amputasi tungkai dan kaki bisa dicegah. Selain itu, pilihan yang tepat untuk alas kaki sangat penting," kata dia. (art)

Ilustrasi Scaling Gigi

5 Dampak Buruk Jarang Scaling Gigi: Bisa Picu Penyakit Jantung hingga Diabetes

Scaling gigi adalah prosedur membersihkan plak dan karang gigi. Plak adalah lapisan warna putih di permukaan gigi ketika bakteri dalam mulut bereaksi dengan sisa makanan.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024