Tak Mau Wajah Tampak Lebih Tua, Hindari Kebiasaan Buruk Ini

Ilustrasi wanita bercermin.
Sumber :
  • Pixabay/Claudioscot

VIVA – Usia yang semakin menua, memang tidak bisa dihindari. Meski begitu, terdapat dua kunci utama untuk menghindari tubuh terlihat lebih tua atau bahkan tampak awet muda.

Viral Terekam Seorang Wanita Diam-diam dan Santai Merokok di Dalam Pesawat

Dilansir dari laman Reader's Digest, studi yang dipublikasikan dalam Journal of Epidemiology & Community Health mengungkapkan bahwa ada dua kebiasaan buruk yang bisa dihindari agar tubuh tetap terlihat awet muda. Dalam studi itu, peneliti menganalisa tanda penuaan dari 11.500 orang dewasa selama 11,5 tahun.

Para partisipan diberi pertanyaan terkait seberapa banyak konsumsi minuman beralkohol dan rokok dalam kebiasaan sehari-harinya. Selain itu, peneliti turut mengobservasi area telinga, mata dan garis rambutnya.

5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

Hasilnya, kaum wanita yang mengonsumsi 28 gelas alkohol atau lebih dalam sepekan, 33 persennya berisiko mengalami perubahan warna pada mata yang berkaitan dengan penuaan, dibanding pada wanita yang kurang mengonsumsi tujuh gelas alkohol dalam seminggu.

Lebih mencengangkan lagi, pada kaum pria, risikonya meningkat menjadi 35 persen saat mereka mengonsumsi alkohol sebanyak 35 gelas atau lebih dalam seminggu. Sementara konsumsi sebungkus rokok dalam sehari yang dilakukan lebih dari 15 tahun, meningkatkan tanda-tanda penuaan pada 41 persen wanita dan meningkat 12 persen pada perokok pria.

Viral Pengendara Mobil Ngamuk karena Ditegur Merokok

"Studi ini menjadi perspektif pertama yang memaparkan bahwa konsumsi alkohol dan rokok berkaitan dengan perkembangan tanda-tanda penuaan. Itu menjadi alasan juga wajah dan tubuh tampak lebih tua dari usianya," ujar peneliti.

Ini merefleksikan bahwa konsumsi alkohol dalam jumlah banyak dan rokok yang berlebihan, meningkatkan risiko penuaan dini. Pola kebiasaan buruk itu disarankan oleh peneliti agar dapat diminimalisir sejak dini. (one)

Vokalis Red Hot Chilli Peppers, Anthony Kiedis berlibur di Kepulauan Mentawai

Lagi Liburan, Vokalis RHCP Anthony Kiedis Sebat Bareng Warga Kepulauan Mentawai

Dalam foto yang dibagikan, Anthony Kiedis nampak sedang merokok dengan warga lokal daerah Mentawai yang mengenakan pakaian adat.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024