Wow, Mewarnai Ternyata Bisa Redakan Stres

mewarnai
Sumber :
  • indianexpress

VIVA – Menghabiskan waktu senggang dengan buku-buku mewarnai setelah hari yang berat di tempat kerja dapat membantu meredakan stres, menurut penelitian terbaru.

Mom, Yuk Ajak Si Kecil Mewarnai di Rumah saat Pandemi

"Keutamaan dari buku mewarnai adalah memiliki beberapa manfaat terbatas seperti mengurangi stres dan keadaan mental negatif," kata salah satu peneliti Girija Kaimal, Asisten Profesor di Drexel University di Philadelphia, AS, dilansir dari Indianexpress, Senin 18 Desember 2017.

Namun Kaimal menambahkan bahwa itu tidak mengubah substansi apa pun, mengembangkan hubungan, atau menghasilkan perkembangan pribadi.

Ceriakan Anak-anak dengan Mewarnai Melalui Program PMM UMM

Studi yang dipublikasikan di Canadian Art Therapy Association Journal, menunjukkan bahwa pewarnaan saja memang memiliki efek positif, meski tidak seefektif terapi seni. 

Para peneliti melakukan dua pengamatan, dan memisahkan latihan 40 menit, satu terdiri dari pewarnaan murni dan yang lainnya melibatkan masukan langsung dari terapis seni, untuk melihat apakah ada yang menyebabkan perbedaan tingkat mood dan stres yang signifikan.

Biar Gak Bosan di Rumah, Yuk Ajak Si Kecil Belajar Dunia Otomotif

Setiap peserta - mulai usia 19 tahun sampai 67 tahun - ikut ambil bagian dalam setiap latihan. Dalam latihan pewarnaan murni, para peserta diminta mewarnai dalam pola atau desain. Meski terapis seni ada di dalam ruangan, mereka tidak berinteraksi dengan orang yang mewarnai.

Dalam latihan lainnya, peserta dimasukkan dalam situasi "studio terbuka", di mana seorang terapis seni hadir dan dapat memfasilitasi sesi tersebut, serta memberikan panduan dan dukungan untuk mengolah pengalaman dan karya seni.

Para peserta bisa membuat jenis seni apa pun yang mereka inginkan, entah itu mewarnai, membuat sketsa, mencoret-coret, atau mengerjakan tanah liat pemodelan.

Ketika para peserta mengerjakan bagian mereka, ahli terapi seni menciptakan karya seni juga, dan tersedia untuk membantu peserta jika mereka memintanya.

Setiap orang melakukan survei standar sebelum dan sesudah sesi mereka yang memberi peringkat tingkat stres dan perasaan mereka. 

Tingkat stres yang dirasakan turun pada tingkat yang hampir sama untuk kedua latihan - 10 persen untuk pewarnaan; 14 persen  untuk open studio.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya