Menkes Tegaskan Difteri Menular Lewat Ludah Bukan Udara

Menteri Kesehatan Nila Moeloek.
Sumber :
  • Viva.co.id/Diza Liane

VIVA – Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek mengatakan, penyebaran penyakit difteri melalui percikan ludah dan bukan melalui udara. Untuk itu, ia pun mengimbau agar para penderita penyakit difteri untuk memakai masker guna menghindari penyebaran penyakit.

Difteri Jadi Penyakit Langganan di Indonesia, Ternyata Ini Penyebabnya

"Kalau ada yang suspect (terkena), Saya usul pakai masker. Jadi difteri itu penyebarannya dari percikan ludah, bukan udara. Jadi bagi yang sakit batuk tolong pakai masker untuk hindari. Jadi tidak membuat orang lain kena," kata Nila di Mabes Polri, Jakarta, Senin 18 Desember 2017.

Ia pun menuturkan, Kementerian Kesehatan telah melakukan rapat koordinasi terkait masalah difteri. Langkah pertama, pihaknya memastikan logistik vaksin untuk imunisasi dapat tersalurkan dengan baik.

Broadcast Viral Cabe Bubuk Picu KLB Difteri, Kepala Dinkes: Itu Hoax

Namun, ia mengakui memang saat ini pihaknya terkendala dengan pemberian vaksin kepada anak-anak. Sebab, saat ini diketahui anak sekolah sudah memasuki masa liburan.

"Jadi Outbreak Response Immunization (ORI) sudah kita lakukan. Memang ada kendala anak sekolah libur," ujarnya.

Pernah Vaksin Difteri, Perlukah Imunisasi Ulang saat Dewasa?

Pihaknya juga saat ini sudah memperluas pemberian vaksin di 82 Kabupaten. Angka ini ditambah belum termasuk Provinsi, Kota maupun Kabupaten yang sudah dilakukan pemberian vaksin.

"Kami memperluas ke 82 Kabupaten untuk melakukan ORI tersebut. Sebenarnya ORI sudah dilakukan di Provinsi, Kota dan Kabupaten yang sudah terkena," ucapnya.

Dengan adanya pemberian vaksin tersebut, Nila mendapatkan laporan penyebaran penyakit difteri sudah menurun. Selain itu, ia pun mengapresiasi masyarakat yang sudah melakukan vaksin mandiri hingga angka penyebaran difteri menurun.

"Diberitahukan sudah mulai menurun karena sudah dilakukan imunisasi dan imunisasi mandiri. Artinya kemauan masyarakat melakukan imunisasi," katanya.

Dia menegaskan pemerintah masih akan terus waspada terkait penyebaran virus ini. Kerja sama lintas Kementerian agar penyebaran difteri tidak meluas juga akan dilakukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya