Infeksi Kandung Kemih Ibu Hamil Picu Lahirkan Bayi Prematur

Ilustrasi kehamilan.
Sumber :
  • Pixabay/ ekseaborn0

VIVA –Tahukah Anda bahwa wanita sangat rentan terkena infeksi saluran kemih? Infeksi saluran kemih merupakan infeksi yang terjadi di sistem kemih, seperti ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Hal ini dapat terjadi karena secara anatomi, wanita memiliki saluran uretra yang lebih pendek.

RSUD Bayu Asih Purwakarta Klarifikasi Sangkaan Penolakan Penanganan Bayi Prematur

Hal ini ternyata juga rentan terjadi pada ibu hamil. Seperti dikatakan Spesialis Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit Pusat Pertamina, dr. Triani Ismelia Firdayanti Sp.OG.

"Sekitar 25 sampai 30 persen pasien saya yang mengalami infeksi saluran kemih adalah ibu hamil, dan hal tersebut terjadi karena kurangnya tingkat kebersihan didalam kamar mandi," ucap dr Triani saat ditemui oleh VIVA dalam acara Cinta Pada Sentuhan Pertama dengan Pristine E-Bidet di Showroom American Standard, Jakarta Selatan, Selasa 19 Desember 2017.

Terpopuler: Tips Padu Padan Shimmer Dress, hingga Waspadai Infeksi Saluran Kemih Mengintai Wanita

dr. Triani juga mengatakan hal tersebut dapat terjadi karena toilet tersebut memiliki suhu lembab dan basah. Karena dengan suhu lembab, dan banyaknya genangan air menjadi salah satu tempat kumpul dan tumbuhnya kuman-kuman di dalam kamar mandi.

Masalah ini biasanya disebabkan karena infeksi bakteri Escherichia coli atau E.Coli,  dimana bakteri tersebut dapat menginfeksi saluran kemih ketika tidak dibersihkan dengan baik saat buang air besar ataupun kecil. Akibatnya, bakteri dari anus menyebar ke uretra.

Mudik Lebaran, Hati-hati Infeksi Saluran Kemih Mengintai Wanita!

Salah satu tandanya adalah buang air kecil terus menerus, dan ketika buang air kecil terasa panas hingga mengeluarkan darah.

"Pada ibu hamil, infeksi ini dapat mempengaruhi janin, salah satunya berat bayi lahir rendah atau bayi prematur," ucapnya.

Karenanya dr. Triani selalu mengimbau untuk tidak melupakan pentingnya menjaga kebersihan kamar mandi. Dan sebaiknya toilet jauh dari suhu lembab dan tidak basah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya