Salah Bingkai Kacamata Picu Mata Lelah

Ilustrasi wanita berkacamata.
Sumber :
  • Reuters

VIVA – Mata lelah pada penderita mata minus, biasanya dikaitkan dengan buruknya kualitas lensa kacamata. Namun, tanpa disadari, salah bentuk kacamata lah yang menjadi pemicu utamanya.

Transformasi Digital Kian Optimalkan Kualitas Layanan Kesehatan Mata

Kualitas lensa kacamata yang harganya murah dan mahal, ternyata tidak berdampak pada kondisi mata lelah. Sebab, perbedaan kualitas lensa ternyata tidak memengaruhi kondisi mata.

"Lensa mau dibeli di mana saja, kualitasnya ya enggak beda jauh. Tapi kualitas yang berbeda itu tidak berdampak besar pada kondisi mata lelah," ujar Spesialis mata, dr. Zeiras Eka Djamal SpM, di Klinik Utama JEC Cinere, Depok, Kamis 21 Desember 2017.

Peduli Akan Kesehatan Mata Dengan Vitamin Mata Terbaik Eyebost

Untuk mencegah mata lelah, ternyata kuncinya ada pada penempatan lensa dengan jarak pupil yang pas. Dituturkan spesialis glaukoma, dr. Arini Safira SpM, di kesempatan yang sama, jarak antar pupil adalah kekuatan dari kacamata.

"Artinya lensa harus berada tepat depan pupil mata. Jadi jarak antar bingkai kacamata harus pas. Kalau kacamatanya tidak dibentuk seperti itu, kemungkinan mata lelahnya sangat besar," tutur Arini.

Soal Layanan Kesehatan Mata, Menkes: Penglihatan Jadi Komponen Kunci Kualitas Hidup Masyarakat

Ia menjelaskan, ruang antar pupil itu harus diukur sedemikian rupa. Tidak bisa hanya dengan membeli kacamata yang sudah jadi tanpa mengukurnya terlebih dahulu.

"Saran saya, sebaiknya membuat kacamatanya sendiri sehingga jarak antar pupil bisa pas. Dengan begitu, mata lelah bisa terhindari dengan lensa yang tepat ada di depan pupil."

Ilustrasi Buah Nanas Warna-warni

8 Manfaat Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan!

Buah nanas dengan rasa yang segar dan manis, tidak hanya menyegarkan, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024