Ganti Biaya Rokok dengan Makanan Bergizi, Ini Triknya

Ilustrasi rokok
Sumber :
  • Reuters

VIVA – Merayakan Hari Ibu 2017, lima puluh ibu di Jakarta diajak berbelanja dan membuktikan bahwa dengan uang belanja rokok seminggu, mereka bisa berbelanja makanan bernutrisi lengkap. Kegiatan bertajun #IbuCerdas Shopping Race ini diselenggarakan oleh Komnas Pengendalian Tembakau sebagai bagian dari kampanye #RokokHarusMahal.

Peringati Hari Ibu, Pencegahan Stunting dengan Benar Jadi Fokus Utama

"Biasanya pihak istri yang paling kesusahan akibat konsumsi rokok. Gara-gara suami beli rokok, uang belanja untuk telur dan daging malah jadi berkurang. Akhirnya nutrisi anak ikut berkurang," ujar Ketua Harian Komnas Pengendalian Tembakau, Mia Hanafiah, ditemui di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Jumat 22 Desember 2017.

Sejalan dengan itu, Ahli Gizi FKM UI, Seala Septiani, M. Gizi, menerangkan bahwa dengan perhitungan 1 bungkus rokok sehari, bisa menghabiskan Rp91 ribu per minggunya. Padahal, nominal tersebut bisa dialihkan untuk biaya yang lebih bermanfaat pada makanan bernutrisi.

Ucapan Haru Lolly untuk Nikita Mirzani di Hari Ibu, Unggah Foto Ini

"Makanan bernutrisi itu pedomannya ada tiga yaitu zat tenaga, zat pembangun dan zat pengatur. Ketiga hal itu bisa terpenuhi dengan uang Rp91 ribu, yang kemarin-kemarin dipakai para laki-laki membeli rokok dalam seminggu," papar Seala.

Ia menjelaskan, zat tenaga yang dimaksud adalah sumber nutrisi karbohidrat. Itu bisa diambil dari berbagai sumber nutrisi yang baik seperti gandum, roti gandum, beras merah, dan umbi-umbian.

TERPOPULER: Ucapan Hari Ibu dari Suami untuk Istri Hingga Ukuran Penis Bikin Orgasme

"Untuk zat pembangun mencakup protein yang bersumber dari lauk. Sedangkan, zat pengatur mencakup vitamin dan mineral yang berasal dari buah dan sayur," terangnya.

Jenaka Mahila

Lagu Ibu Pintu Surgaku Pimpin EP Jenaka Mahila di Hari Ibu

EP Jenaka Mahila dan dirilis serentak pada 22 Desember, bertepatan dengan Hari Ibu. Lagu ini menggambarkan kasih sayang dan doa seorang ibu yang tak tergantikan.

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2023