Buah dan Sayuran Ini Perbaiki Kerusakan Paru Mantan Perokok

Ilustrasi paru-paru
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa mengonsumsi tomat dan apel dapat membantu memperbaiki kerusakan paru-paru mantan perokok. Penelitian itu melibatkan 650 orang dewasa.

Benarkah Nikotin Biang Keladi Masalah Kesehatan Akibat Merokok? Cek Faktanya

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi dua tomat dan lebih dari tiga porsi buah apel dalam sehari menunjukkan pelambatan penurunan fungsi paru dibanding yang mengonsumsi kurang dari porsi tersebut. Namun, efek perbaikan itu hanya dengan mengonsumsi tomat dan apel segar, bukan kaleng atau olahan.

Dikutip dari Independent, para peneliti di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health melakukan penelitian itu kali pertama pada 2002. Mereka kemudian mengulangi tes serupa pada kelompok peserta yang sama 10 tahun kemudian.

Indonesia Peringkat Kedua, Negara dengan Kasus Terbanyak TB di Dunia

Para peserta yang berasal dari Jerman, Norwegia, dan Inggris, juga menyelesaikan kuesioner tentang diet mereka dan asupan gizi secara keseluruhan, serta menjalani spirometri atau prosedur yang mengukur kapasitas atau fungsi paru-paru menampung oksigen.

Faktor-faktor seperti usia, tinggi badan, jenis kelamin, indeks massa tubuh, status sosial-ekonomi, aktivitas fisik, dan asupan total energi juga dipertimbangkan. Menariknya, penelitian yang terbit dalam European Respiratory Journal edisi Desember itu, menemukan bahwa ada hubungan yang lebih jelas antara diet dan fungsi paru-paru di antara mantan perokok.

Lagi, SYL Minta Pindah Karena Oksigen di Rutan KPK Kurang: Paru-paru Saya Setengah

Penelitian itu mengungkapkan bahwa mantan perokok yang mengonsumsi diet tinggi tomat dan buah-buahan, terutama apel, memiliki penurunan fungsi paru-paru lebih lambat selama periode 10 tahun. Itu menunjukkan bahwa nutrisi yang ditemukan dalam makanan tersebut membantu memperbaiki kerusakan yang disebabkan karena merokok.

“Fungsi paru mulai menurun sekitar usia 30 dengan kecepatan variabel tergantung pada kesehatan masing-masing individu,” kata Dr. Vanessa Garcia-Larsen, penulis utama dalam penelitian itu.

Dia menuturkan bahwa penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa makan lebih banyak buah dan sayuran ini secara teratur dapat membantu memperlambat penuaan alami paru-paru dan membantu memperbaiki kerusakan yang disebabkan akibat merokok.

“Diet (tomat dan apel) bisa menjadi salah satu cara untuk memerangi meningkatnya penyakit PPOK (paru obstruktif kronik) di seluruh dunia,” ujarnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya