Osteoporosis Intai Para Pekerja Kantoran, Mengapa?

Salah satunya, sambut pagi hari dengan senyuman.
Sumber :
  • Pixabay/FirmBee

VIVA – Bekerja di dalam ruangan atau di kantor untuk sebagian orang, merupakan pekerjaan yang nyaman, karena terhindar dari cuaca tidak menentu dan padatnya lalu lintas. Dua hal itu, sering dialami orang yang bekerja di lapangan dan mereka dituntut memiliki mobilitas yang cukup tinggi.

5 Fakta Penting tentang Gym untuk Kesehatan Tubuh hingga Kehidupan Seksual

Namun, tahukah Anda, walau pun terlihat nyaman, tetapi para perkerja kantoran tersebut ternyata berisiko lebih besar terkena osteoporosis dibandingkan dengan para pekerja di lapangan?

Seperti yang dikatakan oleh Dr. dr Christiana Linda Wahjuni, SpOT, M.Kes, FICS, CCD, orang yang bekerja di dalam ruangan memiliki risiko osteoporosis lebih besar, karena kurangnya vitamin D yang biasanya mudah didapat pada sinar matahari.

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

"Pekerja kantoran lebih besar risiko terkena osteoporosis, karena mereka lebih banyak diam. Sehingga, tidak terlalu banyak terkena sinar matahari yang mengandung vitamin D," kata dia, saat ditemui oleh VIVA beberapa saat lalu.

Lebih lanjut, dr. Linda juga menjelaskan, walaupun biasanya osteoporosis menyerang orang-orang lanjut usia, namun dengan gaya hidup saat ini, di mana banyak orang malas untuk bergerak dan berolahraga, membuat angka osteoporosis meningkat pada usia dewasa.

Dokter Ungkap Penyebab Tulang Jadi Keropos, Salah Satunya Jarang Aktivitas Fisik

"Pekerja kantoran saat ini lebih suka yang praktis. Jam makan siang pesan delivery order, makannya juga di atas meja. Enggak ada pergerakan apa-apa, maunya serba instan. Sehingga, kurang terkena sinar matahari, kurang vitamin D. Jika sudah kekurangan vitamin D, akan menyebabkan tulang menjadi lunak dan berisiko osteoporosis,” ucapnya.

Menurut dr. Linda, salah satu langkah pencegahan osteoporosis adalah dengan mengubah pola hidup yang tidak baik, menuju ke pola hidup yang lebih baik. Seperti membiasakan diri untuk berolahraga di pagi hari sebelum berangkat kerja, hingga mengonsumsi vitamin.

"Sebelum berangkat kerja sebaiknya melakukan stretching terlebih dahulu 10 sampai 15 menit. Lalu, biasakan ketika jam makan siang, keluarlah dari kantor. Biarkan tubuh terkena sinar matahari. Jika dirasa masih kurang, dapat disertai dengan meminum vitamin,” ujarnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya