Beras Merah Vs Beras Putih, Mana Lebih Sehat?

Ayo Hidup Sehat
Sumber :
  • Dokumentasi tvOne

VIVA – Tak lengkap jika belum makan nasi. Ungkapan tersebut sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia. Nasi memang makanan utama, namun sebuah penelitian baru menyebutkan bahwa nasi putih ternyata tidak memiliki ragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Jangan Malas Makan Beras Merah, Bisa Cegah Obesitas Hingga Bantu Detoks

Ahli teknologi pangan, Prof Rindit Pambayun mengungkapkan kepada VIVA, bahwa beras yang melalui proses 80 persen penggilingan akan kehilangan berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya, sehingga yang tersisa hanya bagian 'endosperm' dengan kandungan karbohidrat hingga 70 persen. Sehingga, mengonsumsi nasi dengan porsi berlebih cenderung meningkatkan potensi diabetes.

Berbeda dengan beras putih, beras merah mulai banyak diminati masyarakat sebagai alternatif menjaga kesehatan. Beras merah memiliki kadar karbohidrat lebih rendah. Namun bagaimana dengan nutrisinya?

7 Makanan yang Mampu Cegah Penyakit Diabetes, Sangat Mudah Didapatkan

Selain masalah memilih beras yang baik untuk kesehatan, topik lain yang dibicarakan adalah soal makanan mentah.

Belakangan muncul tren mengonsumsi 'Raw Food', tren ini hadir sejalan dengan perilaku hidup sehat. Sederet selebriti memposting kegiatan mereka mengonsumi 'Raw Food' sebut saja Sofie Navita, Hughes, hingga penyanyi senior Titi DJ.

Diet Tanpa Konsumsi Nasi Bikin Cepat Langsing, Begini Penjelasan Dokter

Diet makanan mentah atau raw food adalah diet yang dilakukan dengan hanya mengkonsumsi makanan mentah, atau makanan yang melalui sedikit proses pengolahan. 

Hal ini dikarenakan panas yang melebihi 40 derajat Celcius disinyalir dapat menghancurkan enzim penting yang dapat membantu tubuh dalam proses pemecahan nurtrisi. 

Melakukan diet raw food dipercaya dapat meningkatkan pencernaan sehingga makanan dapat lebih mudah diserap tubuh, dan membantu  mengurangi risiko munculnya penyakit-penyakit degeneratif seperti penyakit kanker juga jantung.

Tapi apakah jenis diet seperti ini bebas dari risiko kesehatan atau Justru sebaliknya?

Kedua topik mengenai 'Beras merah VS Beras Putih' dan juga 'Ayo Diet dengan Makanan Mentah' akan jadi pembahasan dalam acara ‘Ayo Hidup Sehat’ tvOne, Selasa, 9 Januari 2018, live pukul 13.00 - 14.00 WIB.

Untuk pembahasan tema pertama 'Beras merah VS Beras Putih', akan dibahas lebih jauh oleh nara sumber, dr Vito Damay, SpJP(K), M.Kes, FIHA, FICA dan dr Reinita Arlin Puspita.

Sementara untuk tema kedua, 'Diet Makanan Mentah', dr Marya W Hartono, Mgizi, SpGK akan menjelaskannya lebih jauh. Selain itu hadir pula Chef Puput Carolina untuk berbagi resep menyiapkan 'Raw Food'.

Dipandu oleh host, dr Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) dan dr Sheila Salsabila BMedSc, jangan lewatkan acara ini siang nanti. Live streamingnya juga bisa Anda tonton melalui website VIVA di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya