Jangan Panik Saat Wajah Melorot Karena Bell's Palsy

Ayo Hidup Sehat
Sumber :
  • Dokumentasi tvOne

VIVA – Tanaman bawang putih memiliki banyak manfat bagi kehidupan manusia. Baunya memang menyengat tapi di balik itu, bawang putih mempunyai berlimpah manfaat meskipun dalam keadaan mentah.

Harga Bawang Putih Rp 60 Ribu di Sulteng, Jokowi: Ini yang Agak Mahal, tapi Secara Umum Baik

Tanaman yang masuk dalam keluarga umbi-umbian ini sudah digunakan sebagai bumbu penyedap dan obat sejak 7000 tahun yang lalu oleh bangsa mesir kuno. Selain gampang ditemukan dan murah, bawang putih juga mudah sekali diolah. Saking mudahnya diolah, kabarnya bawang putih bisa digunakan sebagai obat dengan hanya menelan, dan mengunyahnya bulat-bulat.

Apakah betul bawang putih sebegitu ampuhnya untuk kesehatan? Penyakit apa saja yang bisa disembuhkan dengan bawang putih? Lantas apa saja mitos dan fakta tentang bawang putih?

Daftar Harga Pangan 26 Maret 2024: Bawang, Daging Sapi, hingga Telur Ayam Naik

Bersama narasumber Dian Permatasari, M.gizi, SpGK, lewat program acara AYO HIDUP SEHAT di tvOne, Kamis, 11 Januari 2018, maanfaat luar biasa bawang putih akan dibahas lebih jauh.

Tak hanya itu, narasumber Nita Thalia (mantan penderita Bell's Palsy) juga dr Zicky Yombana, SpS dan
dr Dian Naka Eriawati, Sp.KFR juga akan dihadirkan untuk membahas lebih jauh mengenai Bell's Palsy.

Daftar Harga Pangan 21 Maret 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Naik

Dan seperti diketahui, Bell’s Palsy' atau muka "mencong" merupakan kelumpuhan atau kelemahan pada salah satu sisi otot di wajah yang bersifat sementara. Kondisi ini menyebabkan salah satu sisi dari wajah akan terlihat “melorot”.

Saraf yang rusak pada bagian wajah akan berdampak kepada indera perasa dan cara tubuh anda menghasilkan air mata dan ludah. Istilah 'Bell's Palsy' sendiri diambil dari nama penemunya, yaitu Sir Charless Bell, seorang dokter dari abad ke 19. Seiring dengan berjalannya waktu, beberapa ahli di dunia medis menyatakan bahwa 'Bell's Palsy' disebabkan oleh virus 'HERPES' yang menyebabkan infeksi dan akhirnya menimbulkan kebengkakan pada saraf wajah. Wajah yang terlihat "melorot" sebelah inilah yang terkadang membuat orang banyak menyamakan serangan 'Stroke'.

Pertanyaannya sekarang, apakah 'Bell's Palsy' bisa sembuh dengan sendirinya ataukah harus ada tindakan medis khusus? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sembuh total? Adakah bekas fisik yang ditinggalkan? Semuanya bisa kita temukan di AYO HIDUP SEHAT hari ini dipandu host dr Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) dan dr Sheila Salsabila BMedSc. Acara ini akan tayang live di tvOne, mulai pukul 13.00 - 14.00 WIB. Live streaming nya juga bisa disaksikan di VIVA.co.id dengan klik link ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya