Agar Sehat dan Cantik, Ini Aturan Melakukan Totok Wajah

Totok Wajah
Sumber :
  • Dokumentasi tvOne

VIVA – Totok Wajah merupakan terapi yang memadukan dua metode, yaitu ‘acupressure’ atau pijat juga tekan, dan ‘bio energy’ atau tenaga dalam yang langsung disalurkan ke wajah. Cara ini dipercaya dapat mengurangi rasa pusing dan tegang akibat stres.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Diakui oleh Spesialis Akupunktur, Dr Kemas Abdurrohim, MARS, M.Kes, Sp.AK, totok wajah juga bisa bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan. "Menggunakan teknik perangsangan dengan titik-titik di wajah dengan penekanan berat tertentu, bertujuan untuk kecantikan dan kesehatan."

Jika teknik totok wajah dilakukan dengan baik dan benar, efeknya akan sama seperti akupunktur, bahkan bisa bikin awet muda dan membuat tubuh merasa nyaman. "Kenapa totok wajah bikin nyaman, karena totok wajah merangsang endorfin," terang Dr Kemas lagi saat tampil di acara AYO HIDUP SEHAT di tvOne, Jumat, 12 Januari 2018.

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

Manfaat lain dari totok wajah juga diyakini mampu mencegah jerawat. Ini lantaran totok wajah punya efek bisa menyebabkan berkurangnya inflamasi sehingga membuat peredaran darah di daerah wajah lancar dan mampu merelakskan seluruh tubuh.

"Tapi kalau ada infeksi atau peradangan di titik-titik akupunkturnya nanti malah bisa parah."

Puasa Berdampak pada Pencegahan Kanker?

Totok wajah akan sangat bermanfaat jika ditekan pada titik yang tepat dan benar. Dan perlu Anda tahu juga, ada aturan khusus dalam melakukan totok wajah. Di antaranya, wajah harus bersih, dicuci dahulu, tangan terapis juga harus dicuci.

"Cuci tangannya sesuai standar WHO, enam langkah. Lalu setelah itu baru ditentukan titik-titik yang akan diberikan tekanan," tambah Dr Kemas.

Dianjurkan pula, untuk mencegah penyakit, akan lebih baik dilakukan totok wajah 2-3 kali seminggu. Namun untuk terapi kecantikan, bisa dilakukan setiap hari saat mandi.

"Sehari sekali cukup kalau untuk kecantikan. Kalau di rumah, waktu mandi pagi hari, saat sabunin muka, tapi lebih baik di tempat terapi agar lebih relaks."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya