Rutin Jalani Hobi, Kunci Mudah Bahagia

Ilustrasi wanita bekerja diluar ruangan
Sumber :
  • pixabay/Lucken

VIVA – Kunci untuk mendapatkan rasa bahagia, ternyata tidak sulit. Cukup memiliki hobi yang rutin dijalani, Anda bisa secara instan merasakan kebahagiaan setiap harinya.

Terungkap, Menikah Tak Jamin Bisa Sebahagia Saat Lajang

Dilansir dari laman NY Post, Exodus Travel melakukan survei terhadap 2000 orang di seluruh dunia. Menurut survei itu, hanya satu dari empat orang yang menyatakan dirinya 'sangat bahagia'. 

Di mana, orang-orang lebih banyak mengklaim 'cukup bahagia' dengan angka sebesar 61 persen. Sementara itu, 15 persen lainnya menyatakan dirinya tidak bahagia.

Ternyata Hal Ini Menjadi Sumber Kebahagiaan 'Bapak' Investor Dunia

Lalu, satu pertanyaan timbul dari hasil penelitian itu. Apa sebenarnya yang membuat satu dari empat orang itu merasa sangat bahagia? Ternyata, salah satu rekomendasi untuk bahagia berdasarkan survei, menjaga rutinitas hobi yang dimiliki.

Hasil survei itu menyatakan, 83 persen orang merasa 'sangat bahagia' dengan yang menjalani hobi secara rutin atau memiliki aktivitas rutin. Dibandingkan, 53 persennya merasa tidak memiliki rasa kebahagiaan.

Kebahagiaan Hidup Pengusaha Terletak pada 5 Hal Ini

Peneliti menemukan, mereka yang sangat bahagia, dua kali lebih sering berada dalam rutinitas atau hobi tertentu seperti naik sepeda, naik kapal, berlibur, bermain bersama tim, dan berolahraga sendiri sama seperti mereka yang rutin melakukan meditasi.

Selain itu, tiga per empat dari orang-orang yang sangat bahagia itu, mengklaim rutin melakukan sesuatu hal yang baru, pengalaman baru, atau aktif berpetualang. Untuk mereka yang hobi olahraga lari, diklaim mampu memberikan rasa 'sangat bahagia' empat kali lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak memiliki hobi.

Tapi, ada salah satu hobi yang ternyata sering dilakukan oleh mereka yang termasuk dalam kelompok tidak bahagia, yakni bermain video game. Faktanya, mereka yang masuk kelompok tidak bahagia, tiga kali lebih rentan alami kesedihan dibandingkan kelompok yang bahagia meski tanpa hobi sekalipun.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya