Minum Teh Bikin Orang Lebih Kreatif, Benarkah?

Ilustrasi teh panas
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Khasiat dari daun teh untuk kesehatan memang tidak perlu diragukan lagi. Bahkan sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa minum teh membuat seorang lebih kreatif. 

Dari Pewangi hingga Masker Rambut, Ini 10 Manfaat Teh yang Bisa Digunakan Selain Diminum

Menurut studi tersebut setengah cangkir teh saja sudah cukup untuk menginspirasi ide hebat setelah beberapa menit. Relawan yang menenggak minuman lebih imajinatif dalam tes daripada mereka yang minum air putih.

DIlansir New York Post, Teh mengandung kafein dan theanine, yang meningkatkan kecepatan, akurasi dan fokus mental. Tapi ini memakan waktu 30 sampai 60 menit untuk memberikan efek setelah percobaan ini selesai.

Konsumsi Secangkir Teh Oregano, Sederet Khasiatnya Bisa Dirasakan

Periset dari Universitas Peking, China, mengatakan  bahwa teh  memiliki efek positif pada mental. Mereka percaya hal itu meningkatkan mood masyarakat dan membantu mereka bersantai dengan cara yang mirip dengan meditasi.

Penyanyi Mick Jagger, ilmuwan Albert Einstein dan penulis C. S. Lewis adalah semua peminum teh terkenal. Pemimpin studi Yan Huang melakukan dua eksperimen selama 20 menit pada total 90 siswa.

Manfaat Teh Neem Membantu Mengatur Kadar Gula Darah

Setengah dari siswa di setiap tes minum satu cangkir teh, tiga menit sebelum tugas dimulai. Setengah lainnya meminum air.

Pada tes pertama, mereka diminta membuat konstruksi menarik dari blok bangunan. Dan di tes kedua, mereka harus menemukan nama keren untuk restoran mie terbaru.

Penelitian yang dimuat dalam jurnal Food Quality and Preference menemukan bahwa peminum teh mencetak rata-rata 6,54 poin dalam tes blok bangunan dan 4,1 dalam uji nama. Namun peminum air hanya mencetak 6,03 poin dan 3,78 poin.

"Penelitian saat ini menunjukkan bahwa minum teh dapat meningkatkan kinerja kreatif dengan pemikiran yang berbeda," kata Yan Huang salah satu peneliti.

Dia melanjutkan, bahwa karya ini berkontribusi untuk memahami fungsi teh pada kreativitas dan menawarkan cara baru untuk menyelidiki hubungan antara konsumsi makanan dan minuman dan peningkatan kognisi manusia.

Dr. Tim Bond, dari Dewan Penasehat Teh yang didanai industri, mengapresiasi temuan ini.

"Ini adalah berita bagus untuk peminum teh dan menambah bukti bahwa teh berdampak positif pada kesehatan mental,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya