Menstruasi Sebelum Usia 12 Tahun, Bahaya Stroke Mengintai

Ilustrasi wanita mengalami infeksi saluran kencing
Sumber :
  • pixabay/holdosi

VIVA – Menstruasi merupakan perubahan alami yang terjadi pada tubuh setiap perempuan di dunia. Namun, hati-hati bagi perempuan yang mendapatkan menstruasi pertama sebelum usia mencapai 12 tahun. Sebab, bahaya penyakit jantung dan stroke bisa mengintai.

Donny Kesuma Ternyata Sudah Lama Idap Sakit Jantung, Pernah Pasang Ring di 2015

Dilansir dari laman The Health Site, Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan, anak perempuan yang  mengalami mentsruasi di bawah usia 12 tahun lebih cepat meningkatkan risiko menopause dini, komplikasi kehamilan dan histerektomi. Bahkan, dalam jangka panjang bisa memicu penyakit kardiovaskular.

Studi tersebut menunjukkan, kelompok perempuan tersebut cenderung meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular sekira 10 persen. Bila dibandingkan dengan anak yang menstruasi mereka di usia 13 tahun, kecil risikonya terkena penyakit kronis itu

Viral Wanita Hidup Kembali Setelah Mati Belasan Jam, Kok Bisa?

Adapun, peneliti mengobservasi populasi yang besar terhadap lebih dari 500 pria dan wanita hingga usia 69 tahun. Studi dilakukan antara tahun 2006 dan 2010. Di mana, para partisipan mengisi kuesioner tentang gaya hidup, lingkungan dan riwayat medis mereka, yang mencakup berbagai faktor reproduksi. Mereka juga melakukan tes untuk menilai kesehatan fisik dan fungsional. Dengan sampel urine, darah dan air liur. 

Secara keseluruhan, mereka dianalisis apakah memiliki riwayat penyakit kardiovaskular hingga Maret 2016. Usia rata-rata wanita pada awal penelitian yakni 56 tahun dan mengalami menstruasi pertama di usia 13 tahun.

Luna Maya Ungkap Kenangan dengan Ibunda Maxime Bouttier: Sosok yang Perhatian

Hasilnya menunjukkan, satu dari empat wanita tersebut mengalami keguguran dan 3 persen melahirkan anak dengan nyawa tidak tertolong. Hampir dua pertiga dari mereka mengalami masa menopause, pada usia rata-rata 50 tahun. Selama periode pemantauan sekira 7 tahun, ada 9054 kasus penyakit kardiovaskular dicatat. Lalu 34 persen di antaranya dialami oleh wanita dengan 5.782 kasus penyakit arteri koroner dan 3.489 kasus stroke. 

Meski begitu, ada juga pertimbangan faktor-faktor lain dengan potensi pengaruh yang berbeda-beda. Namun, studi dalam Journal of Heart menyebutkan, jika anak perempuan mengalami menstruasi sebelum usia 12 tahun sebaiknya menjauhi risiko terkena stroke dan jantung seperti menerapkan gaya hidup sehat, seperti jaga pola makan, olahraga teratur, dan makan sayur dan buah.
 

Donny Kesuma

Soal Donny Kesuma Sakit Jantung, Keluarga Ungkap Aktivitasnya Padat di Malam Hari

Namun saat dihubungi awak media, M. Ghassan Indira Kesuma, putra dari Donny Kesuma mengungkap jika ayahnya itu mengalami lemah jantung.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024