Enggak Nyangka, Ternyata Mecin Bermanfaat bagi Kesehatan

Ilustrasi garam, MSG dan gula.
Sumber :
  • Pixabay/Stocksnap

VIVA – MSG (Monosodium Glutamat) atau lebih dikenal dengan mecin, selama ini dianggap memberikan efek buruk pada tubuh. Penggunaan mecin pun banyak dihindari karena akibat yang belum terbukti itu.

Ketahui 5 Dampak Buruk Terlalu Banyak Mengonsumsi Mie Instan Saat Sahur

Padahal, ahli gizi Prof. Hardinsyah, MS, PhD mengatakan, berdasarkan berbagai penelitian, MSG dinyatakan aman. Bahkan menurut Permenkes No 72 Tahun 1988, MSG termasuk dalam bahan tambahan pangan yang digunakan untuk menambah atau mempertegas rasa dan aroma. Permenkes ini kemudian diperbaiki kembali ke dalam Kepmenkes No 33 Tahun 2012.

MSG merupakan garam natrium dari asam glutamat berupa serbuk kristal berwarna putih dengan sifat tidak berbau dan mudah larut dalam air. Dan teryata, glutamat ini secara alami juga terdapat di dalam berbagai bahan makanan seperti daging, ikan, brokoli, dan air susu ibu (ASI)

Bikin Capcay Spesial Ramadhan Yuk, Cocok Buat Sahur dan Buka Puasa

Hardinsyah memaparkan, glutamat memiliki sejumlah kegunaan. Di antaranya adalah sebagai pembentuk otot.

"Otot terdiri dari asam amino, sepertiga dari otot adalah asam amino. Asam amino ada dalam glutamat yang penting untuk membentuk protein. Kalau tidak ada protein tidak bisa membentuk otot," kata Hardinsyah dalam acara seminar Ajinomoto di kawasan Kebon Sirih, Jakarta, Selasa, 23 Januari 2018.

Ini Fakta Seputar MSG atau Penyedap Rasa alias Mecin

Selain itu, glutamat juga bisa mengubah bentuk asam amino lain, seperti aspartat dan arginin yang diperlukan oleh tubuh. Glutamat juga bisa menghasilkan energi dan glukosa, terutama ketika usus bekerja dan membutuhkan energi, ia mengambil dari  sumber yang terdekat, yaitu glutamat.

Manfaat lainnya adalah glutamat bisa mengaktivasi penyampaian pesan antar neuron atau saraf. Di dalam otak, terdapat jutaan neuron yang saling berhubungan. Glutamat berperan dalam mengaktivasi pesan antar neuron tersebut.

"Glutamat juga berfungsi untuk pembentukan sel imun limfosit dan butir darah merah," imbuh Hardinsyah.

Berdasarkan penelitian Yamamoto dari Jepang, MSG tidak hanya aman, tapi juga bisa mempercepat pencernaan makanan sumber protein. Misalnya, daging biasanya dicerna dalam waktu 3,5 jam, namun dengan MSG hanya butuh waktu 2,5 jam saja. Di samping itu, Yamamoto juga mengatakan jika MSG juga bisa menggugah selera makan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya