Ibu-ibu, Begini Cara Ampuh Bersihkan Getah Buah Nangka

Buah nangka.
Sumber :
  • PIxabay/DEZALB

VIVA – Seringkali orang yang alergi terhadap nangka bukan alergi buahnya, melainkan getahnya. Getah nangka adalah cairan berwarna putih yang lengket. Saat buah nangka dibelah, getah putih ini akan terlihat di bagian dalamnya.

Dokter NYU Meninggal Karena Alergi Makanan di Restoran Disney, Suami Tuntut Keadilan

Menurut dr Dr Ida Gunawan, MS SpGK(K), pada umumnya, yang membuat orang alergi terhadap makanan tertentu adalah jenis protein yang terkandung di dalamnya. Dalam hal buah nangka, protein di dalam buah tropis ini tidak terlalu banyak.

"Yang bikin alergi itu getahnya. Getah inilah yang harus dibersihkan. Putih-putihnya. Pertama kali dibuka, warnanya akan putih-putih yang kecil-kecil," ujar Ida dalam acara AYO HIDUP SEHAT yang tayang live di tvOne Kamis, 25 Januari 2018.

37 Alergi Diderita Wanita Ini, Bagaimana Caranya Hidup?

Namun, membersihkan getah buah nangka tidak semudah itu. Ida mengatakan, getah nangka tidak bisa dibersihkan menggunakan air karena lengket. Lebih lanjut, ia menyarankan cara yang sering dilakukan para penjual buah nangka, yakni menggunakan minyak sayur.

"Pisaunya sebelum dipakai memotong nangka dilumuri minyak dulu. Lalu (getahnya) bisa dibersihkan menggunakan kertas atau daun pisang. Jangan pakai kertas koran karena mengandung timbal," ucapnya.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Ia lantas menambahkan, itulah mengapa daging nangka yang banyak dijual di pasar biasanya mengkilap karena telah dibersihkan dengan minyak.

Bawang Putih

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Food preparation atau menyiapkan bahan makanan menjadi jalan keluar yang paling pas. Terutama untuk bumbu-bumbu dapur seperti bawang yang menjadi bumbu dasar masakan

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024