RESEP: Segarnya Sambal Colo-colo Khas Maluku Tenggara

Sambal colo-colo khas Maluku Tenggara
Sumber :
  • Viva.co.id/Anisa Widiarini

VIVA – Maluku merupakan pulau cantik yang ada di Timur Indonesia. Terdiri dari 70 persen perairan dan gugusan kepulauan, membuat pulau ini kaya akan hasil lautnya.

Buat Camilan, Yuk Bikin Makaroni Goreng Pedas Nampol

Ambon dan Ternante di Maluku merupakan dua pulau yang cukup terkenal dengan keindahan pulaunya, padahal ada satu pulau lagi yan tak kalah cantik, namanya pulau Kei. Terdiri dari pulau Kei besar dan kecil, kedua pulau yang letaknya di Maluku Tenggara ini ternyata memiliki kekayaan kuliner khas pesisir. Salah satunya sambal colo-colo.

Sambal colo-colo khas Maluku Tenggara

RESEP: Lapis Tidore untuk Hari Raya, Tradisi Ratusan Tahun

Ikan bakar sambal colo-colo khas Maluku Tenggara

Sambal sedap ini biasanya disajikan bersama dengan ikan tuna dan cakalang bakar yang biasanya sangat melimpah di pulau ini. Tak hanya ikan, sambal colo-colo juga setia menemani setiap hidangan khas yang disajikan jika Anda berkunjung ke sana.

RESEP: Mie Goreng Konyaku Ebi, Enak dan Rendah Kalori

Ketika VIVA mampir ke pulau Adrenan, salah satu pulau tak berpenghuni di pulau Kei kecil, penduduk sekitar pulau tersebut sengaja menyiapkan meja makan, lengkap dengan sajian khas penduduk Kei. Tentunya, ada sambal colo-colo di sana.

Ibu-ibu di pulau Adrenan sediakan kuliner khas Maluku Tenggara

Helena salah satu penduduk pulau Kei membocorkan resep membuat sambal colo-colo yang ternyata tak terlalu sulit dibuat.

Sepintas pembuatan sambal colo colo ini tidak terlalu berbeda dengan sambal yang pada umumnya kita buat, namun yang membuat rasanya menjadi khas adalah adanya tambahan campuran perasan jeruk nipis yang membuat rasa sambal colo colo ini terasa pedas dan sedikit asam. Berikut ini resepnya.

Resep sambal colo-colo

10 buah cabe rawit (iris kasar)
50 ml air panas
6 siung bawang merah, iris kasar
2 sendok makan kecap manis
1/4 sendok teh garam
2 buah tomat (potong sesuai selera)
1 sendok makan mentega cair atau minyak goreng
1 sendok makan jeruk nipis

Cara membuat

Siapkan wadah atau mangkuk untuk mencampur bahan, kemudian masukkan irisan cabe rawit, bawang merah, garam, mentega cair, air matang panas, perasan air jeruk nipis dan kecap manis. Lalu aduk hingga tercampur merata. Setelah itu hidangkan sambal colo-colo bersama ikan bakar atau menu lainnya. Mudah bukan? Selamat mencoba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya