Nikmatnya Tongseng Kambing Legendaris di Pondok Bambu

Tongseng Kambing Pak Budi.
Sumber :
  • VIVA/Ayu Utami Paramitha

VIVA – Indonesia memiliki sejuta kuliner khas yang patut dicoba dan sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah tongseng kambing. Bagi Anda warga Jakarta penggemar olahan kambing, belum afdol kalau Anda belum pernah mencicipi tongseng legendaris di Warung Tongseng dang Sate Sederhana Pak Budi di kawasan Pondok Bambu.

Rekomendasi Restoran di Jakarta Barat, Cocok Buat Buka Puasa Bersama

Tongseng kambing yang disajikan tentu saja bukan tongseng biasa, melainkan hasil resep turun menurun. Pemilik Warung Tongseng dan Sate Sederhana Pak Budi, Senen Ryanto mengatakan, warung yang ia miliki ini merupakan hasil kerjanya dari nol sejak tahun 1985. Nama Pak Budi sendiri, bukanlah nama aslinya, namun nama putra kesayangannya.

Menurut Senen, yang membedakan tongseng kambing miliknya dengan yang lainnya adalah cita rasa yang khas, dari resep turun menurun yang diwariskan sang nenek kepadanya.

Rekomendasi Restoran Bertema Organik di PIK

"Dari 1985 hingga 2018 ini tidak ada bumbu yang berubah. Semuanya masih bumbu yang diwariskan dari nenek kepada saya sejak kecil. Mulai dari takaran bumbu, kecap, hingga porsi daging tidak ada yang berubah sejak dulu," ucapnya saat ditemui VIVA dalam acara Bango Penerus Warisan Kuliner 2018 di Aston Kuningan, Jakarta, Selasa, 6 Febuari 2018.

Kebetulan kami berkesempatan untuk mencicipi tongseng kambing yang sudah melegenda tersebut. Dari penampilan kuahnya yang kecoklatan, serta wangi rempah yang semerbak sudah cukup membuat perut meronta-ronta ingin mencicipinya.

Mencicipi Nikmatnya Dry-Aged Steak yang Diproses 30 Hari

Kuah santannya sendiri cukup kental dan potongan daging kambing hingga kolnya berukuran besar. Begitu dicicipi, rasa gurih, manis, serta pedas jadi satu di dalam mulut.

Satu mangkuk tongseng kambing dengan nasi sudah pasti memuaskan rasa lapar Anda. Satu mangkuk tongseng kambing Pak Budi ini dijual dengan harga cukup murah, yakni mulai dari harga Rp25 ribu.

August Berhasil Masuk Daftar  Asia’s 50 Best Restaurants 2024

August Raih Prestasi Gemilang! Masuk Daftar 50 Restoran Terbaik Asia 2024

August merupakan restoran Jakarta pertama yang berhasil masuk ke daftar dan berhasil dinobatkan sebagai Best Restaurant in Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024