Lezatnya Ayam Lodho yang Menggugah Selera

Ayam Lodho khas Magetan
Sumber :
  • Nur Faishal/Surabaya/VIVA.co.id

VIVA – Provinsi Jawa Timur dikenal kaya dengan kuliner tradisionalnya. Tak heran, bila ada pelancong atau warga luar berkunjung ke sejumlah kota di Jawa Timur, salah satu yang dicari dan diburu adalah kuliner.

Konsisten Mengomunikasikan Value Perusahaan, BRI Raih 6 Penghargaan di PR Indonesia Awards 2024

Demikian pula dengan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur, Komisaris Besar Polisi Frans Barung Mangera. Begitu bertugas di Polda Jatim pada November 2016 lalu, selain segera merapikan tugas yang harus dikerjakan, dia mencari tahu soal kuliner khas di Jawa Timur.

Maklum saja, kendati lahir di Jakarta pada 22 Januari 1971, nenek moyang Kombes Barung berasal dari Toraja, Sulawesi Selatan. "Setiap tugas di daerah yang baru, saya selalu cari tahu kuliner khasnya apa," katanya kepada VIVA di Markas Polda Jatim Jalan A Yani Surabaya pada Sabtu, 17 Februari 2018.

Segini Kecepatan Xpander saat Tabrak Showroom di PIK 2 hingga Buat Porsche Ringsek

Pria yang biasa tampil di televisi itu mengatakan, banyak kuliner Jawa Timur sudah ia cicipi. Tetapi yang spesial bagi lidah mantan Kabid Humas Polda Sulselbar itu ialah ayam lodho.

"Saya tahu ayam lodho sejak bertugas di sini (Polda Jatim). Ayam lodho paling saya suka," ujarnya.

Anti Panik! Siapkan Dana Darurat Ini Agar Kebutuhan Mendesak Tak Ganggu Keuanganmu

Ayam lodho adalah lauk tradisional dengan bahan utama daging ayam. Lauk ini dimasak dengan kuah santan kental berbaur rempah-rempah. Satu lagi, ayam lodho biasanya pedas. Sekilas, dari segi penampilan yang kekuning-kuningan, ayam lodho mirip dengan ayam kari.

Daerah yang terkenal dengan ayam lodhonya ialah Tulungagung dan Trenggalek. Tetapi bukan berarti di daerah lain, terutama di kawasan lain tidak ada. "Katanya ada ayam lodho di Trenggalek enak. Tapi biasanya saya pesan dari Magetan," ujar Barung.

Setiap minggu Barung mengaku memesan ayam lodho dari rumah makan langganannya di Magetan. Bila kuliner kesukaannya itu datang, biasanya dimakan bersama dengan anak buahnya di Bidang Humas Polda Jatim.
"Di Padang ada ayam kari, tapi ayam lodho beda. Rempah-rempahnya terasa. Maknyus," katanya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya