14 Fakta Seru tentang Bir, Nomor 3 Dijamin Bikin Kaget

Ilustrasi minuman bir.
Sumber :
  • Pixabay/Alexas_Fotos

VIVA – Tahukah Anda bahwa terdapat lebih dari 40.000 jenis bir di seluruh dunia? Salah satu jenis minuman favorit di dunia ini pertama kali diciptakan pada 4.000 Sebelum Masehi (SM) oleh Bangsa Sumeria (Irak). Meski akrab di lidah, namun masih banyak yang belum tahu hal-hal seputar bir.

Makin Bebas, Negara Arab Ini Buka Pabrik Minuman Keras Pertamanya

Untuk itu, berikut ini adalah 14 fakta unik dan seru tentang bir, dikutip dari booklet berjudul Cerita Tentang Bir yang disusun oleh Multi Bintang.

-Bangsa Babilonia Kuno sangat serius ketika membuat bir. Jika ada yang membuat bir dan kualitasnya jelek, akan dihukum dengan ditenggelamkan ke bir tersebut.

Sejarah Minuman Betawi Bir Pletok dan Cara Membuatnya

-Pekerja yang membangun Piramid di Mesir dibayar dengan bir sebanyak 4 liter per hari. Mereka dibayar dengan bir tipe Kash. Inilah yang menjadi asal mula kata 'Cash'.

-4000 tahun yang lalu di Babilonia, sebulan setelah pernikahan, ayah pengantin wanita akan memberikan mead pada menantu prianya sebanyak mungkin. Mead adalah bir madu. Dan karena kalender mereka berdasarkan perhitungan bulan, maka periode tersebut disebut 'honeymonth' atau sekarang terkenal dengan 'honeymoon'.

Industri Bir Ikut Menyelamatkan Bumi

-Brewing bir adalah suatu proses sakral dan pada zaman dahulu hanya para wanita yang menjadi brewer profesional, karena dianggap merupakan keturunan dewa bir.

-Pada Abad Pertengahan, bir sempat menjadi pengganti air karena kadar alkohol dalam bir membuatnya tidak terkontaminasi bakteri dan aman untuk dikonsumsi.

Minuman bir.

-Dulu orang lebih memilih alkohol karena hingga abad ke-19, air pada umumnya tidak bersih dan menjadi sumber infeksi.

-Karena kandungan nutrisi, bir menjadi makanan pokok kaum miskin dan juga dikonsumsi pada acara-acara tertentu. Inilah yang menjadikan bir minuman paling populer di akhir Abad Pertengahan.

-Orang-orang yang suka mengoleksi botol bir disebut Labeorphilist.

-Mereka yang suka mengoleksi alas botol bir disebut Tegestologist.

-Anda adalah seorang Cerevisaphile jika Anda adalah seorang pecinta bir.

-Cenocillicaphobia adalah ketakutan akan gelas bir yang kosong.

-Dibutuhkan 36 miliar ragi untuk memfermentasikan 1 galon bir.

-Cahaya bisa membuat kualitas bir menjadi buruk. Untuk melindunginya, bir biasanya dikemas dalam botol berwarna hijau atau coklat.

-Republik Ceko adalah negara yang mengonsumsi bir paling banyak di dunia, diikuti oleh Jerman, Austria dan Irlandia. Mungkin itu karena di Ceko, harga bir lebih murah dibandingkan minuman soda. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya